Beranda Updates Wacana Bikin Supercar Lagi, BMW Lirik i8

Wacana Bikin Supercar Lagi, BMW Lirik i8

Foto-foto: Syaiful Achmad (Carvaganza)

PARIS, 10 Oktober 2018 – Meski tidak pernah membuat supercar lagi sejak M1 di awal dekade 1980-an, BMW rupanya masih menyimpan asa untuk bisa kembali masuk ke pasar supercar. Salah satu langkahnya adalah dengan memanfaatkan model yang ada saat ini.

BMW i8 disebut sebagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk melahirkan kembali supercar berlabel BMW, meski hingga saat ini hal tersebut masih menjadi wacana. Belum ada keputusan pasti apakah BMW akan produksi supercar lagi atau tidak.

Development Chief BMW Group, Klaus Frohlich menyatakan keinginannya untuk membuat supercar BMW selama masa jabatannya. Hal tersebut menjadi cita-citanya yang tidak ingin dilewatkan.

“Saya pecinta mobil. Sekali dalam hidup saya ingin membuat sebuah supercar. Saya belum menyerah,” katanya di sela Paris Motor Show 2018.

“Saya punya chassis serat karbon untuk mobil sport dalam portofolio saya. Saat ini, digunakan pada i8. Mobil itu diluncurkan pada 2014, jadi saya mau gunakan yang seperti itu, dengan performa lebih, elektrik dan konvensional,” lanjut Frochlich.

Jika terwujud, supercar berbasis i8 itu akan diberikan powertrain dengan tenaga mencapai 600 hp dengan bobot tidak sampai 2 ton. Frochlich berupaya keras untuk bisa mewujudkan ambisinya tersebut, meski akan sangat sulit.

Menurut BMW, supercar tidak realistis untuk diproduksi saat ini untuk meraih keuntungan dari sisi bisnis. Terlebih dengan biaya riset dan pengembangan yang akan sangat tinggi, serta target segmen pasar yang sangat kecil.

Sejauh ini BMW belum lagi menghadirkan supercar penerus M1, bahkan dalam lini produk Seri M. sebelum i8 lahir menjadi plug-in hybrid sportscar, BMW pernah membuat konsep M1 Homage pada thaun 2008, yang menjadi simbol perayaan 30 tahun M1 yang pertama kali diproduksi tahun 1978.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Updates

Head Unit Baru dari Pioneer Istimewakan Pemilik Smartphone Android

JAKARTA, 16 Januari 2019 – Para pemakai gadget dengan sistem operasi Android kini bisa menikmati berbagai fitur dan aplikasinya pada mobil kesayangan, melalui produk...

Umumkan Program Balapnya, Honda Pasok Mesin 2 Tim F1 Musim 2019

TOKYO, 16 Januari 2019 – Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rangkaian aktivitas balap yang akan diikuti di berbagai ajang balap Internasional untuk musim...

Velozity Bantu MTs Nurul Islam Kalianda Lampung yang Terkena Tsunami

JAKARTA, 16 Januari 2019 – Komunitas Velozity yang diwakili oleh Velozity Chapter Lampung (VCL) membuka tahun 2019 dengan melakukan kegiatan...

Singapore Motor Show 2019, Masih Gedean GIIAS

SINGAPURA, 16 Januari 2019 – Singapore Motor Show 2019 sudah selesai hari Minggu kemarin (13/1). Jika dibandingkan dengan pameran mobil...

Lexus RC F Makin Langsing dan Segar

DETROIT, 16 Januari 2019 – Lexus meracik ulang salah satu mobilnya 2020 Lexus RC F. Mobil ini kini memiliki tubuh...