Beranda Updates Volvo Trucks Edukasikan Keselamatan Pengguna Jalan

Volvo Trucks Edukasikan Keselamatan Pengguna Jalan

GOTHENBORG, 7 Juli 2017 – Volvo Trucks terus berpartisipasi dalam meningkatkan keselamatan di jalan raya. Salah satunya dengan seminar ‘Volvo Trucks Safety Experience Day’ untuk memberikan edukasi kepada rekan-rekan Volvo Trucks di seluruh dunia mengenai pentingnya keselamatan sebagai dasar landasan Volvo Trucks dalam menciptakan sebuah produk.

Peter Wells, kepala Tim Peneliti Kecelakaan Truk Volvo (ART) mengatakan pihaknya melakukan penelitian untuk menganalisis dan menjelaskan mengapa kecelakaan yang melibatkan truk terjadi, bagaimana hal itu terjadi, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan konsekuensinya.

“Ini adalah fakta yang tidak hanya penting untuk pengembangan produk kita sendiri tetapi juga untuk semua orang yang bekerja untuk lingkungan lalu lintas yang lebih aman,” kata Peter Wells.

Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017 didasarkan pada penyelidikan kecelakaan Volvo dan data dari berbagai otoritas nasional dan Eropa. Salah satu kesimpulan laporan tersebut adalah bahwa ada kebutuhan yang lebih besar untuk berfokus pada pengurangan risiko bagi pengguna jalan yang rentan seperti pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor dan pengendara sepeda motor.

Untuk memotong tingkat kecelakaan perlu terus dikembangkan sejumlah solusi teknis yang bisa membantu pengemudi truk menghindari situasi yang berpotensi berbahaya. Truk Volvo misalnya sudah dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan aktif. Tetapi jika terjadi kecelakaan, ini adalah bagian peralatan keselamatan yang dapat dipercaya dan terpercaya – sabuk pengamannya.

Meski demikian laporan ART mengungkapkan bahwa banyak pengemudi truk tidak menggunakan sabuk pengamannya. “Meskipun kita tahu bahwa setengah dari pengemudi truk yang tidak aman yang telah meninggal dalam kecelakaan lalu lintas akan bertahan, apakah sebenernya mereka telah mengenakan sabuk pengaman mereka?” kata Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas & Produk di Truk Volvo.

Acara yang berlangsung di Gothenborg 4-5 Juli ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih dalam tentang fitur keselamatan yang telah di cipatakan oleh Volvo Trucks dalam upaya mencipatkan kecelakaan di jalan raya menurun hingga 0%.

Edukasi tersebut terbagi dalam pengalaman mengemudi truk dengan kecelakaan secara simulasi menggunakan EBS ( Emergency Breaking System), Visi Volvo Trucks dan para ahli untuk safety, dan prioritas keamanan dalam Volvo Trucks sendiri.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...