Beranda Updates VIDEO: Ini Mesin F1 Mercedes Paling Bertenaga

VIDEO: Ini Mesin F1 Mercedes Paling Bertenaga

KUALA LUMPUR, 25 September 2017 — Mercedes-AMG kembali membuat terobosan dalam pengembangan mesin internal combustion. Kali ini pabrikan asal Jerman tersebut membuat mesin yang mampu mencapai efisiensi termal 50% untuk mesin Formula 1 nya.

Bahasa mudahnya, mesin baru ini memiliki rasio power-to-waste yang lebih baik. Efisiensi termal dari mesin ditentukan oleh jumlah energi yang dapat diekstraksi dari bahan bakar.

Efisiensi termal rata-rata untuk mesin pembakaran internal adalah antara 20% sampai 30%. Toyota dan Hyundai mengatakan mampu mencapai angka 40% untuk mesinnya di Prius dan Ioniq.

Mesin Mercedes F1 ini – yang merupakan mesin 1.6 liter turbocharged V6 – digunakan pada tahun 2014 dan telah membuktikan mampu diandalkan.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Garap Supercar Bertenaga Listrik Bertampang Klasik

Proyek Mercedes-AMG One yang baru-baru ini memulai debutnya di Frankfurt Motor Show juga menggunakan unit Hybrid W06 1.6 liter yang serupa. Namun rating efisiensi termalnya 43%.

Mesinnya ini menghasilkan lebih dari 1.000 hp, mendorong mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 6 detik dan diklaim memiliki kecepatan maksimal lebih dari 350 km/jam.

RAJU FEBRIAN