Beranda Updates VIDEO: Begini Performa McLaren Senna

VIDEO: Begini Performa McLaren Senna

LONDON, 3 April 2018 — Di tangan pembalap senior Gareth Howell, McLaren Senna menjadi salah satu monster jalanan. McLaren Senna menggunakan basis 720S dan dirakit secara manual di Woking, Inggris. Hanya ada 500 unit yang dibuat, masing-masing seharga £ 750.000 (Rp 14,7 miliar) dan sudah berstatus sold out!.

Mobil ini secara resminya memang belum diproduksi. McLaren masih melakukan pengujian supercar tersebut. Dalam video yang dilansri McLaren terlihat pengujian dilakukan di sirkuit Kyalami, sebuah sirkuit balapan yang terletak di Midrand, Gauteng, Afrika Selatan. Di sirkuit yang digunakan untuk tuan rumah balapan F1 bertajuk Grand Prix Afrika Selatan itu, Senna melakukan uji coba termausk bagaimana melahap tikungan.

Downforce menjadi salah satu kunci utama McLaren Senna. Menggunakan sayap belakang hidrolis, double-element, bahan serat karbon, dengan berat 4,87 kilogram namun mampu menahan downforce 100 kali lebih berat.

McLaren Senna memiliki berat 1.198 kg dan menghasilkan downforce 800 kg. Salah satunya didapatkan lewat penggunakan ban Pirelli P-Zero Trofeo R memiliki fitur eksklusif.

Di bawah kap ada mesin 4.0 liter twin-turbo V8 yang mendorong mobil ke depan dengan tenaga 800 PS (789 horsepower) dan torsi 800 Nm (590 pound-feet). Disebutkan McLaren Senna dapat mencapai 100 km/jam dalam 2,8 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi adalah 340 km/jam.

Nama Senna diambil dari pembalap legendaris Ayrton Senna. Kedekatan McLaren dengan legenda F1, Ayrton Senna, tidak dapat diragukan lagi. Pada Geneva Motor Show tahun ini McLaren mengeluarkan McLaren Senna. Mobil yang bertema “Challenge the Impossible” ini dirancang McLaren menyesuaikan karakter dan spesifikasi Ayrton Senna di sirkuit.

RAJU FEBRIAN