Beranda Updates Truk Avengers Ini ‘Menang Perang’ Modifikasi di Jogja Truck Festival 2018

Truk Avengers Ini ‘Menang Perang’ Modifikasi di Jogja Truck Festival 2018

JAKARTA, 10 September 2018 – Truk Mitsubishi dengan modifikasi superhero Avenger memenangi pertempuran memperebutkan gelar juara di ajang Jogja Truck Festval 2018, 7-9 September 2018. Truk milik Danu Siswoyo itu dinobatkan sebagai The Best King of Truck Modification 2018 dan membawa pulang piala bergilir dari Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Pakualam X.

Truk milik Danu Siswoyo asal Kendal, Jawa Tengah, memang tampil luar biasa di ajang terbesar khusus truk yang dilangsungkan di Jogja Expo Center, Jogjakarta tersebut. Modifikasi yang dilakukan Danu menghabiskan biaya takkurang dari Rp 300 juta.

Ia mengalahkan 140 truk modifikasi dari karoseri asal 14 provinsi. Dewan juri sebelum menobatkan truk Avengers itu sebagai jawara, telah mengganjarnya dengan enam juara berbagai kategori.

Truk yang karoserinya digarap Setia Budi asal Semarang dan air brush di bengkel Customized Art Semarang. Ia menyabet penghargaan terbanyak meliputi juara 1 The Best Truck Lighting, Juara 1 The Best Truck Exterior, Juara 1 The Best Truck Interior, Juara III The Best Truck Extreme Modification, dan Juara II The Best Truck Social Media Favorite.

“Saya sangat senang sekali dan bangga bisa berkarya di dunia truk modifikasi,” kata Danu.

Terinspirasi Anak

Truk jenis Mitsubishi Canter buatan tahun 2011 ini penuh dengan gambar tokoh Superhero dalam film ‘Avengers’. Di bagian depan terlihat Iron Man yang dikenal dengan topeng besinya, pada bodi bak samping kanan bergambar raksasa hijau Hulk dan Thanos, sedangkan pada bodi bagian kiri dipenuhi gambar Thor dan superhero dalam tokoh Avengers lainnya.

Dari mana inspirasi Avenger untuk truknya? “Saya terinspirasi pada anak saya yang baru berumur 5 tahun, Dheo, yang suka sekali dengan tokoh film Avengers,” katanya

Kreasi truk ini tidak hanya di bagian luar. Pada bagian dalam kabin, interior juga tampak mewah. Pengusaha logistik asal Kendal itu merombak bagian dalam. Hal ini berkat balutan pelapis kursi dan dashboard berwarna merah. Tak hanya itu, truk ini di bagian atapnya sudah dilengkapi dengan sun roof.

Untuk sistem hiburan, Danu memasang perangkat audio video canggih. Sementara dua muffler tinggi di samping pintu layaknya Scania juga menambah apik penampilan truk ini.

Merombak Bagian Suspensi

Masih kurang? Pada bagian belakang, bumper truk ini dibuat seperti sportscar Lamborghini. Sedangkan dua lampu belakang diambil dari lampu Toyota Fortuner.

Bagian paling sulit dan mahal yang ia permak adalah bagian suspensi. Danu mengganti semua suspensi per truk itu menjadi sistem suspensi udara (air suspension) layaknya milik bus. Pergantian ini membuat truk lebih empuk saat dikemudikan.

“Ini bagian yang paling sulit. Lama waktu pengerjaan mulai januari 2017 sampai Agustus 2018,” katanya.

Sedangkan untuk pengecatan atau airbrush, Dayu menyerahkan penuh pada bengkel Customize Art di Semarang yang juga menggarap air brush untuk Lamborgini milik artis Raffi Ahmad.

Tambah Truk Modifikasi

Perubahan yang dilakukan Danu memang lebih banyak pada interior dan suspensi sedangkan bagian mesin tidak diutak-atik alias masih standar. “Semua saya costum dan untuk eksterior saya menggunakan hidrolis buka samping, dan untuk kaki-kaki saya pakai air suspension. Total seluruh biaya modifikasi kurang lebih 300jt-an,” katanya.

Danu mengatakan sudah memiliki Mitsubishi Canter ini sejak 2011. Ia kemudian memodifikasinya sejak tahun 2017 lalu. Ia mengaku tidak menggunakan mobil ini untuk banyak kegiatan. “Kalau kesehariannya buat bawa getah karet,” kata dia.

Menurut Danu, meski harus mengeluarkan banyak biaya namun ada kepuasan tersendiri melihat truk miliknya tampil modis. “Makanya ikutan kontes truk. Banyak yang bagus-bagus, makanya saya ingin ikut kontes juga,” katanya.

Selain Truk Avengers, Dayu masih memiliki tiga truk lainnya lagi, namun ketiga truk tersebut tidak digunakan untuk kontes, hanya digunakan untuk ekspedisi. Ia berencana akan menambah truk satu lagi untuk dimodifikasi jika ada kontes modifikasi truk selanjutnya. “Saya mengenal dunia truk sejak 2007, tapi baru menekuni modifikasi sejak tahun 2015,” ujarnya.

Keren, Mas bro…

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...