Beranda Updates Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

MICHIGAN, 20 Juli 2018 – Langkah recall kembali harus dilakukan oleh Ford pada kendaraan yang telah dipasarkannya, kali ini melibatkan lebih dari setengah juta unit mobil. Ford melakukan kampanye recall ini untuk para konsumen di wilayah Amerika Utara.

Dilaporkan, sebanyak 549.401 unit mobil Ford yang terbagi untuk model Ford Escape dan Fusion. Recall yang dilakukan terkait dengan masalah pada sistem transmisi otomatis.

Masing-masing Escape dan Fusion yang terkena recall adalah model dengan tahun produksi 2013-2014 untuk Escape, dan tahun 2013-2016 untuk Fusion. Terkait transmisi, perlu diperbaiki sinkronisasi antara tuas transmisi dengan sensor keselamatan saat diparkirkan.

Pengemudi bisa salah memindah transmisi ke posisi P (Park) dan melepas kunci kontak, di saat sebenarnya tuas transmisi tidak benar-benar pada posisi tersebut. Artinya, antara tuas dan indikator transmisi tidak sesuai.

Saat itu terjadi, mobil tidak memberikan suara atau sinyal peringatan bahwa pengemudi belum memarkirkan mobilnya dalam kondisi yang aman. Jika pengemudi juga tidak mengaktifkan rem parkir, mobil bisa meluncur bebas dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Ford menyebut masalah ini timbul akibat bushing pada kabel transmisi yang bisa terlepas. Masalah ini telah diumumkan ke seluruh jaringan bengkel Ford di Amerika Utara.

Setelah diumumkan kepada konsumen yang kendaraannya termasuk pada kampanye recall ini, perbaikan akan dilakukan secara gratis untuk mengganti kabel transmisi sepenuhnya. Kemudian konsumen dianjurkan untuk selalu menggunakan rem pakir saat memarkirkan mobilnya.

Dari total 549.401 unit tadi, terbagi 504.182 unit yang berada di Amerika Serikat, 36.886 unit di Kanada dan 8.332 unit di Meksiko. Sejauh ini belum ada insiden fatal dilaporkan terkait masalah ini.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Updates

Presdir Mitsubishi Indonesia: Perubahan Toyota New Avanza Tidak Istimewa!

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Persaingan segmen Low MPV semakin panas. Kehadiran Toyota New Avanza, Selasa (15/1/2019) kemarin langsung mendapatkan...

Head Unit Baru dari Pioneer Istimewakan Pemilik Smartphone Android

JAKARTA, 16 Januari 2019 – Para pemakai gadget dengan sistem operasi Android kini bisa menikmati berbagai fitur dan aplikasinya pada mobil kesayangan, melalui produk...

Umumkan Program Balapnya, Honda Pasok Mesin 2 Tim F1 Musim 2019

TOKYO, 16 Januari 2019 – Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rangkaian aktivitas balap yang akan diikuti di berbagai ajang balap Internasional untuk musim...

Velozity Bantu MTs Nurul Islam Kalianda Lampung yang Terkena Tsunami

JAKARTA, 16 Januari 2019 – Komunitas Velozity yang diwakili oleh Velozity Chapter Lampung (VCL) membuka tahun 2019 dengan melakukan kegiatan...

Singapore Motor Show 2019, Masih Gedean GIIAS

SINGAPURA, 16 Januari 2019 – Singapore Motor Show 2019 sudah selesai hari Minggu kemarin (13/1). Jika dibandingkan dengan pameran mobil...