Beranda Updates Toyota Crown Generasi ke-15 Hadir Tokyo Motor Show 2017

Toyota Crown Generasi ke-15 Hadir Tokyo Motor Show 2017

Foto: Toyota Crown Concept/ TMC

TOKYO, 14 Oktober 2017 – Toyota Crown pernah menjadi mobil premium paling populer di Indonesia pada tahun 1980-an sampai awal ’90-an. Sedan ini pernah menjadi mobil resmi menteri di era Orde Baru dan bahkan para pejabat negara.

Crown sudah diproduksi sejak tahun 1955 sampai dengan sekarang, sekaligus menjadi mobil yang memiliki lifetime paling lama dalam sejarah pabrikan Toyota serta sudah terentang sampai 14 generasi. Mobil ini memiliki pasar besar di Asia dan menjadi mobil premium di eranya untuk bersaing dengan brand-brand Eropa.

Pada Tokyo Motor Show (TMS) 2017 tanggal 25 Oktober besok, Toyota bakal memamerkan Toyota Crown Concept sekaligus bakal menjadi Toyota Crown generasi ke-15. Crown generasi baru ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang pertama kali digunakan tahun 2015 oleh Toyota Prius. Platform baru ini bakal menjadi salah satu perubahan terbesar dalam Crown masa depan.

Namun, jika kita lihat dari foto-foto siaran pers yang dipublikasikan oleh Toyota Motor Corporation (TMC), sedan premium tersebut memang mengalami perubahan fisik yang cukup penting dengan desain yang terlihat lebih dinamis dan stylish namun tidak menghilangkan karakter Crownnya secara utuh.

Pabrikan mengklaim bahwa konsep pembuatan mobil ini adalah selain mengutamakan nilai luxury dan fitur-fitur canggih, juga tidak melupakan sisi performa kendaraan. Makanya, Crown next-gen ini mengadopsi sejumlah inovasi, yang difokuskan pada kinerja handling dan driving stability.

Mobil ini bukan dikembangkan dari desain mobil yang lama, melainkan dari desain yang betul-betul dari nol dimulai dari sketsa yang berdiri pada pondasi platform TNGA dan mobil sudah menjalani pengujian di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Crown generasi ke-15 ini memiliki dimensi lebih panjang satu inci (25,4 mm) dari Generasi Ke-14 begitu pun dengan wheelbase-nya. Dengan dimensi yang melar, maka kabin akan lebih lega begitu juga dengan kapasitas bagasi. Grille depannya mirip dengan Lexus dengan logo unik Crown di bagian tengah grille. Grille tersebut diapit oleh lampu depan yang menyipit ke belakang dan lubang udara (air intake) dipisahkan oleh bar yang berbentuk berlekuk menyudut berwarna krom.

Sampai tulisan ini diturunkan, belum diketahui spesifikasi lengkap sedan medium premium tersebut terutama spek mesin.

Toyota Crown Concept

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: Belum ada
Transmisi: A/T 7-kecepatan (estimasi)
PxLxT: 4910 x 1800 x 1455 mm
Wheelbase: 2920 mm
Bobot: Belum ada

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar

Last Updates

Velozity Bantu MTs Nurul Islam Kalianda Lampung yang Terkena Tsunami

JAKARTA, 16 Januari 2019 – Komunitas Velozity yang diwakili oleh Velozity Chapter Lampung (VCL) membuka tahun 2019 dengan melakukan kegiatan...

Singapore Motor Show 2019, Masih Gedean GIIAS

SINGAPURA, 16 Januari 2019 – Singapore Motor Show 2019 sudah selesai hari Minggu kemarin (13/1). Jika dibandingkan dengan pameran mobil...

Lexus RC F Makin Langsing dan Segar

DETROIT, 16 Januari 2019 – Lexus meracik ulang salah satu mobilnya 2020 Lexus RC F. Mobil ini kini memiliki tubuh...

Toyota Supra Jadi Bintang Detroit Auto Show 2019

DETROIT, 16 Januari 2019 – Toyota Supra kembali hadir setelah 17 tahun. Tampilan baru Toyota Supra 2020 terlihat seksi dan...

Avanza dan Xenia Baru Tak Naikkan Harga Bikin Pesaing Ketar-Ketir

JAKARTA, 15 Januari 2019 – Persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan bakal semakin panas. Dua model baru yaitu...