Beranda New Cars Toyota C-HR Dijual Nyaris 1/2 Miliar, Apa Keistimewaanya?

Toyota C-HR Dijual Nyaris 1/2 Miliar, Apa Keistimewaanya?

JAKARTA, 11 April 2018 – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi mengisi celah kosong di segmen SUV antara Toyota Rush dan Fortuner, dengan meluncurkan All New Toyota C-HR, hari Selasa (10/4/2018), di Jakarta. Toyota C-HR menjadi model keempat yang telah diluncurkan tahun ini, menyusul New Yaris, New Alphard, New Vellfire dan New Vios.

Compact SUV/Crossover ini dibanderol dengan harga Rp 488,5 juta untuk warna body single-tone dan Rp 490 juta untuk warna body two-tone, dengan kondisi OTR DKI Jakarta. Selain mengandalkan desain atraktif dan modern, C-HR turut dibekali dengan sepsifikasi yang tidak kalah dari produk lain di kelasnya seperti Honda HR-V dan Mazda CX-3.

“All New C-HR untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan terhadap mobil dengan desain yang lebih stylish dan modern dengan karakter yang jauh berbeda dibandingkan dengan produk-produk yang sudah ada,” kata President Director TAM, Yoshihiro Nakata saat peluncuran.

Menejermahkan arti sebenarnya dari Compact Hi-Rider, berikut detail spesifikasi dari C-HR yang dipasarkan untuk Indonesia.

Eksterior

Toyota dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) menerapkan kombinasi desain ala mobil coupe dan SUV pada C-HR. Di mana pada bagian paruh atasnya berbentuk seperti sebuah coupe, sementara bagian paruh bawah berbentuk SUV dengan tongkrongan tingginya.

Baca Juga:  VIDEO: Begini Aksi Bentley Bentayga Taklukkan Rekor Pikes Peak

Fascia depan menampilkan desain terkini Toyota, dengan lampu utama memanjang dan tajam seperti sayap, sementara air intake terletak di bagian bumper. Lampu utama dengan aksen desain 3D, menggunakan teknologi proyektor dengan lampu halogen, disertai fog lamp halogen juga di sisi bawahnya.

Over fender hitam yang terhubung dengan side moulding sampai lip spoiler depan-belakang menegaskan karakter SUV yang tegas dan tangguh. Ruang roda terpasang velg 17 inci palang lima, dibalut ban berukuran 215/60R17.

Kesan sporty hadir melalui perangkat aerodinamika ganda di belakang, yakni dengan roof spoiler dan ducktail di pintu bagasi. Toyota menyediakan tiga opsi warna single-tone (White Pearl Crystal Shine, Metal Stream Metallic, Attitude Black Mica) dan dua opsi warna two-tone (Blue Metallic With Sporty Black Roof dan Red Mica With Sporty Black Roof) untuk cat eksterior.

Mesin & Powetrain

Dari tiga opsi jantung pacu yang Toyota punya untuk C-HR, varian mesin bensin 1.8 liter Dual VVT-i dipilih untuk pasar Indonesia. Mesin ini memiliki kombinasi tenaga 139 hp dan torsi 170 Nm.

Baca Juga:  Mazda6 dan Mazda CX-3 Facelift akan Meluncur di GIIAS 2018?

Continuous Variable Transmission (CVT) dengan 7 percepatan hadir sebagai satu-satunya opsi transmisi, untuk menyalurkan output mesin ke roda depan. Pengoperasian transmisi juga didukung dengan mode perpindahan manual Sequential Shiftmatic.

Karakter kombinasi mesin dan transmisi direkayasa untuk menawarkan repons cepat, linearitas dan akurasi atas input pengemudi, serta kenyamanan dan konsistensi di segala kondisi mengemudi.

Interior

Bagian kabin Toyota C-HR didominasi dengan warna hitam, dengan kombinasi desain dashboard, instrument cluster dan konsol tengah menciptakan atmosfer fungsionalitas driver-oriented. Bagian tengah dashboard dibuat sedikit miring menyudut ke arah hadapan pengemudi.

Kombinasi material plastik warna hitam dan lapisan kulit coklat gelap hadir pada dashboard, di mana pusat sistem infotainment diwakili oleh monitor layar sentuh 7 inci dengan fitur koneksi Bluetooth, USB, AUX, Weblink dan Miracast. Di bawahnya, terdapat pusat pengendali AC model digital.

Lingkar setir dilengkapi beberapa tombol untuk mengendalikan sistem infotainment, juga untuk sejumlah fitur informatif pada MID (Multi Information Display) 4,2 inci TFT Mid-Optitron. Sementara di balik kolom setir selain terdapat tombol Engine Start/Stop, juga terdapat tuas untuk mengatur Cruise Control.

Baca Juga:  Toyota Tawarkan Banyak Progam Menarik di Indonesia Autovaganza 2018

Aksen warna coklat gelap seperti di dashboard juga hadir pada trim pintu, namun bukannya berupa panel soft touch berbahan kulit, tapi bahan plastic dengan desain berefek 3D seperti berlian.

Fitur & Teknologi

Bicara soal fitur dan teknologi penunjang aktivitas pengemudi bersama C-HR, cukup lengkap hadir untuk sebuah compact SUV-Crossover di kelasnya. Sisi keselamatan paling dimanjakan oleh fitur dan teknologi kali ini.

Untuk sistem keselamatan pasif, Toyota membekali C-HR dengan perlindungan 7 buah SRS Airbag, masing-masing dua di hadapan pengemudi dan penumpang depan, 2 Curtain Airbag, di samping jok pengemudi dan penumpang depan, serta Knee Airbag di sisi pengemudi. Ada juga ISOFIX Child Restraint System untuk pemasangan baby seat.

Sementara untuk sistem keselamatan aktif, Toyota tidak pelit-pelit dengan menyediakan selain ABS dan EBD+BA, adalah Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist Control (HSA), Blind Spot Monitor System (BSM), Rear View Monitor System, dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Sentuhan kecil untuk memudahkan pengemudi dari Toyota C-HR dalam menghadapi lalu lintas padat, hadir Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold.

WAHYU HARIANTONO