Beranda Updates Tiruan Toyota C-HR Ini Jadi Mobil Listrik Terlaris di China

Tiruan Toyota C-HR Ini Jadi Mobil Listrik Terlaris di China

BEIJING, 18 Mei 2018 – China sebagai negara dengan konsumen terbanyak untuk kendaraan listrik, kini telah memiliki pemimpin baru di pasar tersebut. Yang menarik, mobil tersebut hadir sebagai tiruan dari Toyota C-HR, bernama BAIC EC.

Disebut tiruan C-HR karena pada desain eksterior, khususnya fascia depan, BAIC EC seolah mengadopsi bahasa desain crossover global Toyota tersebut. Selain itu, mobil ini sama-sama berjenis SUV kompak seperti C-HR.

Menurut data Jato Dynamics, BAIC EC telah terjual sebanyak 15.132 unit sepanjang periode Januari-Februari 2018. Dengan jumlah tersebut, mobil listirk pabrikan China itu telah mengalahkan penjualan Nissan Leaf (10.881 unit) yang selama ini menjadi pemimpin pasar.

Padahal, pada periode tersebut Leaf mengalami pertumbuhan penjualan sebanyak 34 persen. Tapi tidak cukup menandingi BAIC EC yang tumbuh jauh lebih pesat, sampai sebanyak 329 persen.

Pabrikan China lainnya yang masuk tiga besar pasar mobil listirk adalah JAC IEV 5 yang terjual 6.118 unit, diikuti Renault Zoe dengan 4.401 unit yang turun 19 persen penjualannya. Sementara Tesla Motors masih berada di lima besar melalui Model S, yang laku sebanyak 4.156 unit namun turun hingga 40 persen.

Bicara soal BAIC EC sendiri, meski desainnya meniru C-HR, model tersebut telah lebih unggul dengan hadirkan mobil bertenaga listrik penuh. Sementara Toyota, sampai saat ini belum memiliki varian full electric untuk C-HR, dengan baru hanya memiliki varian hybrid.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Update

Jelang Debut, BMW Z4 Ungkap Wujud Utuhnya

MUNICH, 16 Agustus 2018 – Beberapa hari lalu beredar foto bocoran wujud dari versi produksi BMW Z4 Concept. Tidak perlu...

Toyota Yaris GRMN, Product of Nürburgring

ALKISAH tiga tahun lalu, Toyota mengirimkan satu unit prototipe Yaris tiga pintu ke salah satu fasilitas milik mereka yang berdekatan...

Edukasi Pasar, V-KOOL Gelar Cek Kaca Film Gratis 100 Mobil

JAKARTA, 15 Agustus 2018 – PT V-KOOL Indo Lestari hadir di ajang GIIAS 2018 tak hanya untk jualan. Agen pemegang...

Shell Lubricants Indonesia Resmikan Customer Experience Center

JAKARTA, 15 Agustus 2018 -- Guna lebih mengenalkan teknologi dan pengembangan produknya, Shell Lubricants Indonesia diresmikan “Customer Experience Center” di...

Unjuk Gigi, Wuling Motors Raih SPK 626 Unit di GIIAS 2018

CIKARANG, 15 Agustus 2018 – Wuling Motors mulai unjuk gigi di kancah otomotif Tanah Air. Wuling mengakhiri keikutsertaanya di Gaikindo...