Beranda Updates Tingkatkan Kemampuan Otomotif, KTB Gelar Kompetisi Antar Siswa SMK

Tingkatkan Kemampuan Otomotif, KTB Gelar Kompetisi Antar Siswa SMK

TANGERANG, 8 Agustus 2018 – Peningkatan pengetahuan dan kemampuan di bidang otomotif menjadi salah satu kunci bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk bersaing di dunia kerja. Hal ini disadari PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang untuk pertama kalinya mengadakan kompetisi keahlian siswa SMK dengan nama Fuso Student Skill Competition”.

Di tahun pertamanya, kompetisi ini diikuti oleh 550 orang siswa SMK dari 10 kota di Indonesia yaitu Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Jakarta, Solo, Malang, Banjarmasin, dan Makassar. Untuk 11 SMK ini, KTB telah mendonasikan unit Mitsubishi Fuso Colt Diesel pada tahun lalu dan dilanjutkan dengann pemberian training bagi siswa dan guru.

Kompetisi ini terdiri dari 3 tahap. Tahap 1 dan 2 merupakan tes teori dan tes praktek yang diadakan pada tanggal 16-28 Juli 2018 dl sekolah dan Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) di Indonesia.

Pada tahap 3 terdiri dari tes teori dan tes praktek sebagai tahap final, yang diadakan di KTB Training Center Kantor Pusat KTB di Jakarta pada 7 Agustus 2018. Para peserta kemudian dinilai seperti keselamatan dan keterampilan dalam bekerja, kebersihan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah.

Hasilnya, Titis Wahyu Yudiestira dan Arya Hermawan (SMK Bhakti Bangsa, Banjarbaru) berhasil keluar sebagai juara 1 dengan nilai 884. Tempat kedua diraih Hafid Akbar Ramdhani dan Alfian Agusti Susanto (SMK Negeri 1 Singosari, Malang) yang mengumpulkan nilai 822, serta Diki Wahyudi dan Arga Nirwansyah (SMK Mandiri, Medan) yang menjadi juara 3 dengan nilai 820.

Atsushi Kurita, President Director PT KTB mengatakan harus ada sinergi antara menjalankan bisnis dengan kontribusi pada dunia pendidikan. “Dengan kegiatan ini diharapkan siswa mengenal dan mengetahui lebih lanjut teknik otomotif terkini,” katanya. Atsushi Kurita menyerahkan langsung hadiah dan penghargaan bagi pemenang di Fuso Booth Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, hari ini, Rabu (8/8).

Ia mengatakan KTB telah mengadakan bermacam program untuk SMK melalui ”Fuso Vocational Education Program”. Kompetisi ini merupakan bagian dari program tersebut. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan skill dan semangat untuk lebih memperdalam pengetahuan otomotif para siswa SMK.

Sementara Syaiffudin Said, Director of Adm & HR Division PT KTB menjelaskan kompetisi ini baru tahun pertamanya dilakukan sehingga masih banyak yang harus ditingkatkan. Nantinya ajang ini akan diperluas baik dari wilayah maupun jumlah pesertanya.

Ia mengakui jika sekolah-sekolah binaan masih membutuhkan alat-alat peraga untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka. “Teknologi di bidang otomotif terus berkembang dan ini merupakan tantangan bagi siswa untuk mengusai teknologi baru. KTB berusaha mendukung hal tersebut melalui kegiatan ini,” kata Syaiffudin.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

PARIS, 21 November 2018 – Buntut dari penangkapan Carlos Ghosn atas kasus penggelapan penghasilannya kini semakin meluas, bahkan hingga ke...

Mercedes-AMG GT Paling Kencang Segera Meluncur

STUTTGART, 21 November 2018 – Deretan varian untuk Mercedes-AMG GT akan bertambah dalam waktu dekat ini, saat Mercedes-Benz meramaikan Los...

BMW M2 Competition Beri ‘Kode’ akan Segera Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 21 November 2018 – Bagi penyuka mobil kencang di Indonesia, dalam waktu dekat akan hadir pilihan baru dari BMW....

PPMKI Rayakan HUT ke-39, Gelar Touring dan Kumpulkan Donasi

DENPASAR, 21 November 2018 – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tahun ini merayakan ulang tahun ke-39. Merayakan hari jadinya,...

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 -- Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah...