Beranda Updates Tiga Pabrikan Jerman Siap ‘Invasi’ Formula E 2018-2019

Tiga Pabrikan Jerman Siap ‘Invasi’ Formula E 2018-2019

LONDON, 16 April 2018 – Semakin banyak pabrikan besar otomotif dipastikan akan meramaikan balap Formula E mulai musim 2018-2019 atau musim kelima. Tiga pabrikan Jerman sekaligus akan melakukan ‘invasi’ ke kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut.

Ketiga pabrikan Jerman tersebut adalah Mercedes-Benz, BMW, dan Porsche, yang menunjukkan keseriusan komitmen masing-masing dalam menyambut masa depan mobilitas bertenaga listrik. Komitmen tersebut sebenarnya telah mereka pastikan sejak Juli 2017 lalu.

Kepastian ini menyusul daftar resmi peserta yang dirilis oleh Formula E, untuk musim 2018-2019. Saat ini, musim 2017-2018 telah berlangsung melalui paruh pertama musim.

Mercedes-Benz, BMW dan Porsche akan bergabung dengan beberapa pabrikan besar lain yang telah lebih dulu bergabung ke Formula E seperti Audi, Jaguar, Renault, dan Mahindra. Sementara Nissan, akan menggeser merek Renault musim depan, sebagai kesepakatan dari aliansi.

Baca Juga:  Mercedes-Benz Garap Supercar Bertenaga Listrik Bertampang Klasik

Tidak seperti Mercedes-Benz dan Porsche, BMW telah lebih awal mulai di Formula E sebagai partner teknis tim Andretti. Musim depan, BMW akan tampil sebagai tim pabrikan penuh, sementara sejak musim pertama telah menjadi pemasok official car melalui sub-brand BMW i.

Menarik dari Mercedes-Benz dan Porsche, kedua pabrikan berbasis di Stuttgart itu harus mengorbankan partisipasinya di kejuaraan balap lain yang telah cukup sukses membesarkan namanya di motorsport. Mercedes akan keluar dari DTM mulai 2019, sementara Porsche telah menutup program LMP1 di World Endurance Championship (WEC) akhir tahun lalu.

Musim 2018-2019 akan menandai era baru dari balap formula bertenaga listrik ini, karena akan mulai menggunakan mobil versi baru yang mereka sebut sebagai Gen2. Selain diklaim lebih kencang, mobil Gen2 juga menjanjikan kapasitas baterai lebih besar, sehingga balapan tidak akan lagi menampilka pitstop pergantian mobil.

Baca Juga:  Mengasah Skill Mengemudi Lewat Porsche Media Driving Academy

WAHYU HARIANTONO