Beranda Updates Telkomsel Pamer Teknologi 5G dan Mobil Listrik Otonom di Asian Games 2018

Telkomsel Pamer Teknologi 5G dan Mobil Listrik Otonom di Asian Games 2018

Dengan teknologi 5G Telkomsel, masyarakat dapat merasakan sensasi berkendara tanpa pengemudi.

JAKARTA, 23 Agustus 2018 – Telkomsel punya cara unik untuk memperkenalkan teknologi 5G di Indonesia. Sebagai “Official Mobile Partner’ Asian Games 2018, Telkomsel membuka booth khusus Telkomsel 5G Experience Center. Salah satunya dengan menghadirkan sensasi pengalaman berkendara tanpa pengemudi dalam Autonomous Electric Vehicle.

Indra Mardiatna, Vice President Technology & system Telkomsel mengatakan kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0.

“Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno,” katanya di Zona 2 GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (23/8).

Mobil Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle) ini bermerek Navya ini bekerja sama dengan ST Engineering yang memasok teknologi Artificial Intelligent (AI) dan Telkomsel dengan 5G. Mobil ini menggunakan penggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam. Pengisian daya dilakukan dengan cara di charge selama 7-8 jam.

Indra mengatakan teknologi 5G dalam kendaraan otonom ke depan merupakan bagian dari konsep Vehicle-to-x yaitu sistem transportasi cerdas yang dapat mengatur lalu lintas. “Hal ini memastikan perjalanan menjadi aman di masa depan,” katanya.

Masyarakat dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi, selama 15 menit yang beroperasi di jalurnya di depan Telkomsel 5G Experience Center, seputaran Gelora Bung Karno.

Sementara Alexandre Chardon, Business Development Navya Technology mengatakan mobil listrik otonom ini merupakan salah satu konsep sistem transportasi cerdas yang akan menciptakan lalu lintas yang jauh lebih teratur, membuat perjalanan lebih nyaman dan lebih aman di masa depan. “Kapasitas penumpang saat ini hingga 12 orang, dengan formasi 8 duduk dan 4 berdiri,” katanya.

Telkomsel 5G Experience Center akan dibuka untuk publik selama perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018, sejak pembukaan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Selain Mobil Listrik Otonom (Autonomous Electric Vehicle), disini masyarakat dapat merasakan langsung beberapa aplikasi penggunaan teknologi 5G seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, Future Driving.

Khusus untuk mobil listrik otonom masyarakat dapat menikmati dengan terlebih dahulu mendaftar pada aplikasi Telkomsel Asian Games ( tsel.me/TAG ), MyTelkomsel, Roli dan Langit Musik.

“Silakan hadir dan kunjungi Telkomse 5G Experience Center yang dibuka untuk umum mulai tanggal 19 Agustus hingga 2 September 2018 dan nikmati sensasi berkendara tanpa pengemudi,” tutup Indra.

RAJU FEBRIAN