Beranda Updates Tak Menguntungkan, Fiat Hentikan Produksi Mobil Kecil

Tak Menguntungkan, Fiat Hentikan Produksi Mobil Kecil

PARIS, 21 Mei 2018 – Fiat Chrysler Automobiles mengundang media pada 1 Juni mendatang di Balocco, Italia untuk mengumumkan rencana bisnis mereka tahun 2018-2022. Chief executive officer Sergio Marchionne kemungkinan akan mengkonfirmasi kehadiran dua model baru Alfa Romeo, bersama dengan dua mesin baru hybrid.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Marchionne mempersiapkan “transformasi produksi di Italia dimana FCA akan meninggalkan pembuatan mobil murah seperti Punto dan Mito dan mendukung model kelas atas.”

Mengutip sumber di dalam FCA, pabrikan di Turin dan Naples itu akan fokus memproduksi SUV Maserati dan Jeep baru.

Sebenarnya ini bukan strategi baru bagi Fiat Chrysler Automobiles. Mereka menghantikan Dodge Dart dan Chrysler 200 di AS untuk memberi ruang bagi lebih banyak SUV dan truk. Ford melakukan aksi serupa di Amerika Serikat untuk mengurangi jajaran mobil penumpang hanya menjadi dua model.

Yang terabru, Fiat akan merelokasi produksi Fiat Panda ke Polandia. Punto akan dihentikan produksinya di Melfi menjelang akhir 2018, sementara Alfa Romeo MiTo yang dibuat Mirafiori akan berhenti untuk memberi ruang bagi kendaraan SUV sport Maserati baru.

Pabrik Pomigliano, akan memproduksi SUV Jeep setelah produksi Panda dipindahkan ke Polandia.

Menurut Bloomberg, strategi ini juga akan menandai akhir dari mesin diesel di kendaraan kecil Eropa dari FCA. Dengan demikian Lancia menjadi satu-satunya brand Italia yang memproduksi mobil kecil Ypsilon. Diproduksi di Tychy, Polandia di pabrik yang sama di mana Fiat 500 dibuat.

Pertanyaannya apakah FCA akan mempertahankan Lancia, menjualnya, atau membiatkan merek ini hilang sama sekali.

RAJU FEBRIAN