Beranda Updates Suzuki Swift Sport, Beratnya Tidak Sampai 1 Ton

Suzuki Swift Sport, Beratnya Tidak Sampai 1 Ton

FRANKFURT, 14 September 2017 — Suzuki akhirnya meluncurkan hatchback andalan mereka Suzuki Swift Sport di ajang Frankfurt Motor Show 2107. Model yang sudah diperkuat turbocharged itu diklaim sebagai hatchback paling kompetitif di dunia. Apa penyebabnya?

Model ini adalah generasi ketiga dari Suzuki Swift. Mobil ini menyajikan nuansa yang lebih segar serta sporty. Mobil ini punya tampilan lebih menarik, ringan tapi juga lebih bertenaga.

Desainnya lebih sporty namun tetap terlihat soft karena garis tubuh tak banyak berubah. Kesan sporty terlihat pada bagian eksterior melalui penyematan beberapa bagian seperti front lips, side skirt serta bagian belakang. Bagian fascianya bisa dibilang begitu fresh. Grille dengan nuansa honeycomb tersemat di bagian tengah yang diapit oleh dua headlight berteknologi LED.

Tak hanya itu saja, kesan sporty pun ditunjukan pada bagian kaki-kaki. Velg berukuran 17 inci dengan warna hitam bertengger dan sedikit rapat dengan fender. Karena diameternya yang lebih besar ditambah dengan suspensi yang lebih rendah, tak heran jika jarak roda dengan fender kini terlihat rapat. Karena hal tersebut, Suzuki pun mempercayakan ban berukuran 195/45 yang membalut velg tersebut.

Tampilan atletis dihasilkan track yang dibuat 40mm lebih besar untuk menambah stabilitas. Selain itu, bodi dibuat lebih pendek 15mm dan lebih lebar 40mm.

Nah perubahan besar dilakukan di sektor mesin. Jika sebelumnya Suzuki mempercayakan mesin berkapasitas 1600 cc, Suzuki mempercayakan mesin yang sama dengan Vitara S yaitu 1400 cc Boosterjet. Meski kapasitasnya lebih kecil, namun mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi turbocharger.

Maka dari itu, tenaga yang dihasilkan tak bisa dianggap remeh. Mesin tersebut kini memiliki tenaga 140 horse power pada 5.550 rpm dengan torsi 230 Nm pada 2.500-3.500 rpm. Tak puas, Suzuki meracik mobil ini agar memiliki bobot yang cukup ringan yaitu hanya 970 kilogram saja. Dengan perpaduan tersebut, anda benar benar tidak bisa menganggap remeh kemampuan dari mobil tersebut.

Dengan demikian mobil ini memiliki torque-to-weight sekitar 4.2 kg/Nm yang menjadikan mobil ini sebagai hatchback paling kompetitif di dunia.

“Mobil ini lebih ringan, tajam dan cepat. Lebih agresif dan emosional, tapi kami juga memperbaiki untuk kemudahan digunakan setiap hari, rasa koplingnya, perpindahan transmisinya, kursi dan setir,” kata Masao Kobori, Chief Engineer Suzuki Swift Sport.

TITO LISTYADI

Kolom Komentar



latest updates

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...