Beranda Updates Suzuki Jimny Diserbu Pengunjung GIIAS 2018

Suzuki Jimny Diserbu Pengunjung GIIAS 2018

Ratusan orang sudah mengatakan keinginan membeli Suzuki Jimny. Nostalgia dan Jokowi Effect.

TANGERANG, 6 Juli 2018 — Suzuki All New Jimny menjadi bintang dan diserbu pengunjung pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, 2-12 Agustus 2018. Hingga hari keempat pameran, Minggu, booth Suzuki di Hall 8B kebanjiran pengunjung yang ingin menyaksikan Suzuki Jimny ini.

Suzuki Jimny generasi terbaru ini merupakan satu dari 18 model yang hadir di booth Suzuki. Selain menjadi salah satu model yang cukup terkenal di era 1970-1990, daya tarik mobil ini adalah karena Jokowi effect. Pasalnya pada acara pembukaan GIIAS 2018, 2 Agustus 2018 lalu, Presiden Joko Widodo cukup lama melihat-lihat mobil ini.

“Ya, saya penasaran. Saya pernah punya mobil ini kemudian sekarang ada yang baru, pengen lihat,” kata Rudi Setyawan (54 tahun) kepada Carvaganza. “Saya tambah penasaran karena di media sosial Pak Jokowi ngeliat mobil ini.”

Suzuki All New Jimny merupakan SUV kompak dengan penggerak 4WD. Suzuki All New Jimny hadir dengan dua varian yakni Jimny dan Jimny Sierra. Perbedaannya ada pada mesin yang digunakan. Jimny menggunakan mesin R06A tiga silinder intercooler turbo 658 cc. Model ini dijual ekslusif hanya untuk pasar dalam negeri Jepang. Sedangkan Jimny Sierra menggunakan mesin 1.5 litre K15B yang di Indonesia sudah digunakan pada All New Ertiga. Sierra akan dijual untuk pasar luar negeri Jepang.

Suzuki melakukan upgrade di beberapa bagian meski secara umum masih menggunakan bahasa desain seperti pendahulunya. Rangka mobil menggunakan model ladder frame terbaru dengan posisi mesin di depan, transmisi part time 4WD dengan low range transfer gear serta suspensi 3-link rigid axle membuat Jimny terbaru semakin tangguh untuk melahap segala medan. Sistem pengereman menggunakan teknologi LSD (limited slip differential) dan kontrol traksi sudah digunakan di semua varian.

Banyak pengunjung yang mengatakan berminat dan siap meminang mobil ini. Hanya saja, PT SISI belum akan menjual mobil ini, setidaknya dalam waktu dekat. Lalu kapan?

“Kami tengah melakukan studi terkait kemungkinan penjualan Suzuki Jimny di Indonesia. Kami melakukan stusi terkait seberapa besar minat konsumen, kisaran harga, dan fitur” kata Harold Donnel, Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, di booth Suzuki, Minggu, 5 Agustus 2018.

Ketika popular di Indonesia, Suzukk Jimny (4×4) juga memiliki versi lain yaitu Katana (4×2). Model ini cukup popular di kalangan anak muda. Apakah akan juga dilakukan hal yang sama? Harold mengatakan semua kemungkinan masih terbuka.

“Hal itu bisa saja. Pabrik Suzuki di Indonesia saat ini yang tercanggih di antara pabrik Suzuki di negara lain. Tapi belum ada keputusan,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Volkswagen Indonesia Perkenalkan Layanan Booking Service Online

JAKARTA, 14 Desember 2018 – PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia, melakukan terobosan untuk semakin...

TEST DRIVE: Peugeot 3008 2018, Young Blood

JUJUR, saya lebih menyukai Peugeot 3008 yang terbaru. Saya pernah mengemudikan Peugeot 3008 generasi pertama dan versi faceliftnya. Kesan saya...

Bocor! Ini Penampakan Toyota Supra Versi Produksi

TOKYO, 14 Desember 2018 – Toyota Supra terbaru sudah pasti akan meluncur versi produksinya pada awal tahun depan, mengakhiri penantian...

Nissan Genjot Terra Saingi Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Nissan terus menggenjot kehadiran andalannya, Nissan Terra, untuk bertarung di pasar SUV Indonesia. SUV premium...

Daimler Serahkan 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T

SEMARANG, 14 Desember 2018 -- PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia,...