Beranda Updates Sinergi Renault-Nissan-Mitsubishi Hasilkan Profit Rp 93,3 Triliun

Sinergi Renault-Nissan-Mitsubishi Hasilkan Profit Rp 93,3 Triliun

TOKYO, 23 Juni 2018 – Pada tahun 2016 lalu, Aliansi Renault-Nissan menambah anggota keluarga baru dengan membeli saham mayoritas Mitubishi. Dua tahun setelah akuisisi tersebut, aliansi tiga merek otomotif ini mulai menunjukkan hasil positif.

Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance mengumumkan bahwa selama sepanjang tahun 2017 telah meraih keuntungan lewat penghematan hingga €5,7 miliar. Jika di-Rupiah-kan, angka tersebut setara dengan lebih dari Rp 93,3 triliun.

Angka tersebut didapat dari peningkatan efisiensi di berbagai hal yang juga melibatkan merek-merek lain di bawah aliansi seperti Infiniti, Datsun, Dacia, Alpine, Renault-Samsung dan AvtoVAZ.

Efisiensi yang diraih oleh Renault-Nissan-Mitsubishi selama setahun belakangan didapatkan dari pengembangan bersama untuk platform kendaraan, komponen dan teknologi. Selain itu, dari sisi tenaga pembiayaan, operasi finansial dan logistic juga turut berperan dalam hal ini.

Oleh Carlos Ghosn, chairman dari Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance, disampaikan bahwa dalam setahun penuh pertamanya Mitsubishi telah berkontribusi pada penghematan biaya sebesar 14 persen dibandingkan pada 2016. Ghosn menargetkan sinergi ini bisa meningkatkan efisiensi hingga meraih profit lebih dari € 10 miliar pada tahun 2022.

“Aliansi ini punya dampak langsung dan positif pada pertumbuhan dan keuntungan pada setiap anggota perusahaan. Di 2017, Aliansi telah menginkatkan performa dari ketiga perusahaan termasuk Mitsubishi Motors yang meraih keuntungan di tahun penuh pertama sinerginya,” jelas Ghosn.

Di pertengahan 2016 lalu, Renault-Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi menyusul terungkapnya kasus manipulasi angka konsumsi bahan bakar oleh Mitsubishi Motors di awal tahun.

Di akhir tahun 2022, Ghosn menargetkan Aliansi bisa menghasilkan produksi kendaraan sebanyak 14 juta unit, yang mana pada tahun 2017 telah menjual 10,6 juta unit. Angka tersebut telah melampaui penjualan Toyota dan Volkswagen yang masing-masing mencatat 10,5 juta dan 10,3 juta unit di 2017.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Bimmerfest 2018 di Semarang, Ada Drag War!

SEMARANG, 19 November 2018 - Indonesia Bimmerfest 2018 dilaksanakan di PRPP Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah. Kumpul akbar para pecinta BMW...

Eratkan Silaturrahmi, Suzuki ERCI Tangerang Ajak Keluarga Berkemah

BANDUNG, 19 November 2018 -- Komunitas pengguna mobil Suzuki yang tergabung dalam Ertiga Club Indonesia (ERCI) Tangerang, mempunyai cara tersendiri...

Datsun GO-live Dekatkan Diri dengan Anak Muda di Yogyakarta

YOGYAKARTA, 19 November 2018 – Guna lebih mendekatkan diri dengan konsumen anak muda, Datsun mengadakan pameran spesial dan acara test drive dengan nama...

TEST DRIVE: Bentley Continental GT, The Best a GT Can Be

BENTLEY CONTINENTAL GT generasi pertama diluncurkan pada 2003 di bawah naungan VW-Audi, bukan Rolls-Royce. Inilah produk Bentley pertama yang benar-benar...

Debut Indonesia Modification Expo 2018 Diklaim Raih Transaksi Miliaran Rupiah

JAKARTA, 19 November 2018 -- Indonesia Modification Expo (IMX) 2018, pameran modifikasi dan aftermarket pertama dan terbesar di Indonesia sukses...