Beranda Updates Shell Campus Week, Edukasi Hidup Ramah Lingkungan a la Shell

Shell Campus Week, Edukasi Hidup Ramah Lingkungan a la Shell

JAKARTA, 5 Oktober 2017 – Guna lebih memperkenalkan sebagai perusahaan energi yang peduli pada isu energi masa depan, PT Shell Indonesia menggelar Shell Campus Week. Festival terbuka untuk umum itu akan digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, 10-11 Oktober 2017 mendatang.

Festival ini akan menghadirkan Container of Possibilities (CoP) yaitu sebuah kontainer berukuran 20 kaki yang telah diubah menjadi unit yang layak ditinggali. Pengunjung diajak merasakan rumah masa depan yang hemat energi dan teknologi saling terhubung. Rumah ini bergaya Asia Modern dengan beberapa inovasi yang ada di dalamnya seperti sistem pencahayaan cerdas (smart lighting), Virtual Reality untuk Carbon Capture & Storageserta Pavegen, lantai yang menghasilkan tenaga listrik.

Selain Container of Possibilities, Shell Campus Week juga akan menghadirkan Kuliah Umum, mobil-mobil karya mahasiswa yang berlaga di SEM Asia 2017 dan berbagai inovasi dari Shell dan ITB.

Selain itu, “Shell Campus Week” juga menghadirkan Country Chairman & President Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi yang akan menyampaikan sebuah gagasan mengenai konsep “A Better Life with A Healthy Planet”. Masih dalam rangkaian kegiatan kuliah umum ini,  Wali kota Bandung Ridwan Kamil juga dijadwalkan untuk berbagi ide mengenai konsep Bandung Smart City (kota cerdas), sebuah konsep kota masa depan berbasis teknologi yang menjadi tempat tinggal ideal bagi masyarakatnyadengan penggunaan energi yang efisien dan lebih bersih.

“Melalui acara ‘Shell Campus Week’ ini kami ingin memberikan gambaran mengenai komitmen Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang berkembang dengan cara yang bertanggung-jawab melalui kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan menampilkan mobil-mobil hemat energi buatan para mahasiswa dari Bandung yang pernah menjadi juara di perlombaan Shell Eco-marathon sebelumnya, maupun yang akan mengikuti Shell Eco-marathon Asia 2018 mendatang,” katanya.

Tahun ini, tim mahasiswa ITB kembali  akan ikut serta pada SEM Asia 2018 yang akan berlangsung di Festival “Make The Future Singapore 2018”. SEM Asia dan SEM Drivers World Championship Asia telah menjadi acara utama dari festival yang akan berlangsung di Singapura pada Maret 2018 mendatang. Salah satu tim mahasiswa dari ITB yang akan mengikuti ajang ini adalah Tim Rakata Etanol dengan hasil karyanya yaitu mobil kategori Prototype berbahan bakar etanol.

Reza M. Ghifarry, Manager Tim Rakata Etanol ITB mengatakan bahwa pada tahun ini mereka akan mengendarai mobil baru yang menggunakan rangka baru berbahan Chromoly yang dinilai lebih kuat. Selain menggunakan kerangka baru, tambah Reza, mobil ini juga akan dilengkapi dengan sistem kemudi baru yang nantinya akan memudahkan pengemudi berkendara di tikungan lintasan lomba.

“Kami coba untuk membuat sendiri sistem kemudi baru untuk mobil ini. Bagian lain yang juga mengalami penyesuaian adalah sistem pengapiannya. Mobil ini sudah kami siapkan sejak 10 bulan lalu dan saat ini sudah mencapai 80 persen. Kami harapkan November tahun ini bisa kami uji cobakan pada sebuah ajang serupa di Indonesia,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Tol Desari Mulai Berbayar, Ini Tarif Lengkapnya!

JAKARTA, 20 November 2018 -- Warga yang tinggal di Cinere, Gandul dan Ciganjur kini sudah dapat terhindar dari kemacetan. Dibangunnya...

Ini Penyebab Bos Nissan Carlos Ghosn Ditangkap dan Tersudut

TOKYO, 20 November 2018 – Mengejutkan! Chairman Nissan dan merupakan salah satu orang terkuat di otomotif dunia, Carlos Ghosn sudah...

Ini Modifikasi Suzuki All New Ertiga Garapan Jakarta Sneaker Day

JAKARTA, 20 November 2018 – Siapa bilang mobil keluarga seperti Suzuki New Ertiga tak bisa tampil beda. Hal ni dibuktikan...

Mitsubishi Pecat Carlos Ghosn dari Jabatan Ketua Dewan Perusahaan Mitsubishi Motors

TOKYO, 20 November 2018 – Kabar penangkapan Carlos Ghosn langsung disikapi Mitsubishi Motors Corporation. MMC dalam keterengan persnya mengatakan melengserkan...

Gaji Bermasalah, Nissan akan Pecat CEO Carlos Ghosn

TOKYO, 19 November 2018 – Kabar mengejutkan datang dari Nissan Motor Company yang dilaporkan akan memecat Carlos Ghosn dari posisinya...