Beranda Updates Sedan 1500 cc Jadi Kelas Baru di Kejurnas Sprint Rally 2019

Sedan 1500 cc Jadi Kelas Baru di Kejurnas Sprint Rally 2019

JAKARTA, 6 Oktober 2018 —  – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally 2019 dipastikan akan lebih ramai dan seru. Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk olahraga otomotif Tanah Air mengumumkan satu kelas baru untuk musim depan yaitu F1 yang merupakan sedan 0 – 1400 cc.

Rifat Sungkar, Ketua Komisi Rally IMI Pusat mengungkapkan hal ini dilakukan setelah IMI melakukan evaluasi terkait pembaruan kelas F1. Jika ditinjau dari cabang olahraga otomotif lain seperti Gymkhana ataupun Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), para ATPM turut berkonsentrasi dan melakukan pengembangan terhadap kendaraan 1500 cc. Ditambah lagi dengan kemudahan-kemudahan yang didapat dengan membeli kendaraan 1500 cc yang dijual di Indonesia.

Di tahun 2017, IMI sebenarnya sudah sempat melakukan perubahan regulasi, yaitu mengganti kelas F1 dari yang sebelumnya 0 – 1200 cc menjadi 0 – 1400 cc dengan beberapa keleluasaan modifikasi. Namun  ternyata hal ini masih belum merangkul lebih banyak peminat. Dari empat putaran Kejurnas Sprint Rally yang sudah berlangsung di tahun 2018, tidak ada peningkatan signifikan dalam jumlah peserta di kelas F1.

“Jadi di tahun 2019, kami akan memperbarui bahwa kelas F1 yang akan digunakan oleh mobil sedan 0 – 1500 cc dengan modifikasi terbatas,” kata Rifat.

Sementara itu, Ketua Komisi Sprint Rally IMI Pusat Hervian Soejono menyampaikan bahwa perubahan di kelas F1 ini adalah salah satu langkah IMI untuk memudahkan peraturan nasional sekaligus menambah minat para peserta.

“Mengapa F1 menjadi salah satu perhatian utama adalah karena ini merupakan kelas yang bisa mendekatkan ATPM kepada cabang olahraga sprint rally, karena 1500 cc diisi oleh mobil dengan jumlah yang sangat banyak, terjangkau, serta sangat familiar,” kata pria yang akrab disapa Ian ini.

Varian kendaraan yang masuk dalam kategori F1, di antaranya Hyundai i20, Hyundai Getz, Mazda 2, Mitsubishi Mirage, Suzuki Splash, Suzuki Swift, Suzuki Baleno, Ford Fiesta, Daihatsu Sirion, Honda Brio, Honda Jazz, Honda Civic Wonder, Nissan March, Chevrolet Spark, Chevrolet Aveo, Toyota Yaris, Toyota Vios/Limo, Toyota Starlet, dan lain sebagainya.

Peraturan atau regulasi lengkap terkait Kejurnas Sprint Rally 2019 akan diumumkan oleh IMI Pusat pada 15 November 2018 mendatang.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar

Last Updates

Avanza dan Xenia Baru Tak Naikkan Harga Bikin Pesaing Ketar-Ketir

JAKARTA, 15 Januari 2019 – Persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan bakal semakin panas. Dua model baru yaitu...

SUV Mercedes-Benz Jelajah Yogya dan Semarang di Hungry For Adventure

YOGYAKARTA, 15 Januari 2019 – Mercedes-Benz untuk kesekian kalinya kembali menggelar kegiatan yang menguji ketangguhan jajaran produk SUV-nya, dengan menjelajah...

Daihatsu Xenia Baru Meluncur, Apa Saja Kelebihannya

TANGERANG, 15 Januari 2019 -- Setelah lama ditunggu kehadirannya, akhirnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Grand New Xenia...

New Toyota Avanza dan New Veloz Resmi Meluncur, Harga Tidak Naik!

JAKARTA, 15 Januari 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan New Toyota Avanza dan New Veloz...

Izin Turun, Honda Walking Assist Device Siap Dijual di AS

OHIO, 15 Januari 2019 – Meski belum berencana menjual secara umum namun perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) sudah mendapat pre-market notifications dari lembaga...