Beranda Updates Rilis New Vios, Toyota Harap Pajak Sedan Segera Turun

Rilis New Vios, Toyota Harap Pajak Sedan Segera Turun

JAKARTA, 3 April 2018 – Peluncuran tanpa seremoni New Toyota New Vios oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM), hari Selasa (3/4/2018), diharapkan dapat kembali meningkatkan gairah pasar otomotif nasional di segmen sedan. Toyota bahkan berharap minat pasar ekspor akan meningkat juga.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM mengatakan peluncuran New Vios ini dalah lengkah Toyota dalam mendukung rencana pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk meningkatkan pasar model sedan di Indonesia.

Kemenperin berencana salah satunya meringankan pajak bawang mewah untuk sedan, demi meningkatkan minat masyarakat pada segmen yang beberapa tahun ini semakin terpinggirkan oleh meningkatnya tren SUV dan crossover.

“Peluncuran New Vios ini merupakan bentuk nyata dukungan Toyota terhadap keinginan pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian, untuk meramaikan pasar sedan di Indonesia, sekaligus meningkatkan pasar ekspor sedan kita,” kata Soerjo melalui pesan teks kepada Carvaganza.

Perihal ekspor, Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selain memproduksi Vios untuk pasar domestik juga untuk diekspor ke beberapa negara lain. Vios bahkan menjadi model dengan jumlah ekspor terbanyak kedua dari Toyota Indonesia, setelah Fortuner.

Data dari TMMIN mencatat bahwa Vios telah diekspor sebanyak 28.450 unit sepanjang tahun 2017, dengan pertumbuhan 19,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara untuk tahun 2018, sepanjang Januari-Februari telah diekspor sebanyak 6.000 unit Vios dari Indonesia.

“Pemerintah telah mencanangkan untuk menurunkan pajak barang mewah sedan. Hal ini tentu saja disambut positif oleh pelaku industri otomotif di Tanah Air,” lanjut Soerjo.

Vios sejauh ini menjadi satu-satunya model sedan yang diproduksi oleh Toyota di Indonesia, di antara model lain seperti Kijang Innova, Sienta, Avanza, Agya, Rush, Yaris dan Town/Lite Ace.

WAHYU HARIANTONO

Last Update

Oli Resmi Toyota Raih Penghargaan Desain

JAKARTA, 18 Juli 2018 – Desain grafis dan kemasan TMO Engine Oil, yang merupakan salah satu dari Toyota Genuine Parts, berhasil...

BOSCH Indonesia Kenalkan Klakson Keong Berbahan Anti Pecah

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- BOSCH Indonesia menghadirkan klakson baru khusus roda empat tapi juga bisa digunakan oleh sepeda motor....

Kia Grand Sedona Diesel Mengaspal di Indonesia, Tidak Sampai Rp 600 Juta

JAKARTA, 18 Juli 2018 - Dua tahun setelah meluncurkan Kia Grand Sedona ke pasar Indonesia, kini giliran PT Kia Morning...

Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Naik Lagi Mulai Agustus

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- Mitsubishi bersiap menaikkan harga jual MPV Mitsubishi Xpander dan SUV Pajero Sport mulai 1 Agustus...

‘Supercar’ Terbang Ini Solusi Aston Martin Kurangi Kemacetan

GAYDON, 18 Juli 2018 – Sukses mengukuhkan namanya sebagai pabrikan mobil kencang dan mewah, Aston Martin tampaknya sedang melihat peluang...