Beranda Updates Rezza Kamaditya Nyaris Saja Juara Ferrari Challenge

Rezza Kamaditya Nyaris Saja Juara Ferrari Challenge

Rezza Kamaditya (kiri), Johannes Setiawan (kanan)

FUJI, 2 Juli 2018 – Balapan Ferrari Challenge Asia Pacific 2018 Seri ke-4 di Sirkuit Fuji International Speedway, di Oyama, Jepang, selama weekend kemarin menyisakan sedikit kekecewaan bagi pembalap Indonesia, Rezza Kamaditya. Pasalnya, peluangnya menjadi juara pupus karena melintir di tiga tikungan terakhir menjelang trek lurus.

Pada kualifikasi untuk Race pertama hari Sabtu (30/6), Rezza yang baru pertama kali turun di Fuji, start dari posisi ke-32.  Ketika lampu start padam, pembalap yang akrab di sapa Adit ini langsung melesat ke depan menyalip tujuh pembalap di depannya. Setelah sekitar tiga lap, pembalap yang turun di kelas Coppa Shell AM ini langsung menempel Martin Berry yang berada di kelas tertinggi Pirelli Trofeo.

Kedua pembalap sempat bersenggolan, namun dapat tetap melanjutkan perlombaan. Posisi Adit pada saat itu menempati posisi terdepan di kelasnya dan ia diminta oleh tim untuk menjaga kecepatan sambil menjaga ban. “Saya dapat informasi via radio bahwa saya berada di posisi terdepan di kelas saya dan saya diminta untuk menjaga kecepatan agar bisa menjaga jarak dengan pembalap-pembalap di belakang saya terutama dengan pembalap di kelas saya,” ujarnya.

“Saya sendiri tidak mengikuti free practice di hari Kamis dan Jumat, otomatis kualifikasi adalah untuk pertama kalinya saya mencoba Sirkuit Fuji. Makanya saya selalu intens berdiskusi dengan trainer saya untuk bagaimana mengantisipasi lap maupun tikungan-tikungan sehingga mendapatkan waktu yang bagus,” tambah pembalap nasional ini.

Adit berdiskusi dengan trainer pribadi Phillipe Jean Descombes

“Saya mempelajari video balapan dan layout sirkuit dengan trainer khusus saya. Bahkan makan siang pun saya isi dengan berdiskusi dengan trainer saya agar pada saat kualifikasi nanti hasil saya bagus,” tambah pria kelahiran Jakarta ini. Untuk mempertajam skill balapnya, di balapan Fuji, Adit mendatangkan trainer pribadi Phillippe Jean Descombes asal Prancis yang juga pembalap Le Mans.

Namun, ketika balapan mendekati akhir Adit melintir di tikungan menjelang trek lurus di depan pit sehingga peluangnya untuk naik podium buyar.  “Sayang sekali peluang saya hilang, tapi saya ikhlas itulah balapan dan semoga hasil saya di Suzuka nanti akan lebih baik lagi,” kata Adit.

Pada Race kedua, Adit tak bisa melanjutkan balapan karena ia ditabrak dari belakang satu lap setelah start. Ia start dari grid 8 di kelasnya dan sudah melesat ke depan naik 2 posisi. “Saya tidak tahu siapa yang menabrak saya. Karena benturan dari belakang, mobil kehilangan kendali dan saya disundul oleh mobil di samping saya, saya terdorong dan menyundul mobil depan sehingga mobil mengalami problem dan saya tidak bisa melanjutkan balapan.”

Balapan di Ferrari Challenge musim 2018 adalah balapan pertama bagi Adit di kejuaraan ini dan ia masuk ke dalam kelas Coppa Shell AM.

EKA ZULKARNAIN (FUJI, JEPANG)

Kolom Komentar

Last Updates

Avanza dan Xenia Baru Tak Naikkan Harga Bikin Pesaing Ketar-Ketir

JAKARTA, 15 Januari 2019 – Persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan bakal semakin panas. Dua model baru yaitu...

SUV Mercedes-Benz Jelajah Yogya dan Semarang di Hungry For Adventure

YOGYAKARTA, 15 Januari 2019 – Mercedes-Benz untuk kesekian kalinya kembali menggelar kegiatan yang menguji ketangguhan jajaran produk SUV-nya, dengan menjelajah...

Daihatsu Xenia Baru Meluncur, Apa Saja Kelebihannya

TANGERANG, 15 Januari 2019 -- Setelah lama ditunggu kehadirannya, akhirnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Grand New Xenia...

New Toyota Avanza dan New Veloz Resmi Meluncur, Harga Tidak Naik!

JAKARTA, 15 Januari 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan New Toyota Avanza dan New Veloz...

Izin Turun, Honda Walking Assist Device Siap Dijual di AS

OHIO, 15 Januari 2019 – Meski belum berencana menjual secara umum namun perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) sudah mendapat pre-market notifications dari lembaga...