Beranda New Cars Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport, Senjata Baru Ngebut di Sirkuit

Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport, Senjata Baru Ngebut di Sirkuit

STUTTGART, 4 Januari 2019 – Model 718 kembali dihadirkan varian barunya oleh Porsche, tidak lama setelah memperkenalkan 718 T. Porsche akhirnya resmi meluncurkan varian terkencang dari 718 yang pernah ada, yaitu 718 Cayman GT4 Clubsport.

718 Cayman GT4 Clubsport adalah varian Cayman yang benar-benar dioptimalkan untuk dipacu di sirkuit, dengan spesifikasi memenuhi kategori balap GT4. Dan untuk generasi ini, Porsche mengembalikan mesin enam silinder untuk Cayman yang memiliki standard mesin empat silinder.

Mesin enam silinder pada mobil ini memiliki kapasitas 3.8 liter N/A yang sanggup meluapkan tenaga 419 hp dan torsi 425 Nm. Drivetrain mengandalkan transmisi PDK 6-speed yang telah dilengkapi reinforced dual mass flywheel dan ECU khusus balap.

Menarik dari Cayman GT4 Clubsport ini adalah panel pintu dan sayap belakang dibuat menggunakan material komposit serat alami yang berasal dari olahan produk pertanian seperti linen dan serat arami. Porsche menjadi pabrikan pertama yang menerapkan ini, menyebut material tersebut punya bobot dan kekakuan seperti serat karbon.

Pemangkasan bobot membuat mobil ini lebih ringan menjadi hanya 1.320 kg, berkat dikosongkannya interior atas komponen yang kurang penting untuk menunjang performa. Rollbar dan jok balap tunggal dengan seatbelt enam titik menjadi standard baru pada lawan BMW M4 GT4 itu.

Kemampuan handling mengandalkan suspensi depan dengan spring-strut ringan yang diadopsi dari 911 GT3, lalu mechanical locking differential dan cakram rem berdiameter 15 inci di semua roda. Dengan begitu, 718 Cayman GT4 Clubsport akan lebih mantap digeber mengejar laptime lebih kencang.

Porsche menyediakan dua opsi untuk Cayman GT4 Clubsport terbaru ini, yakni varian Trackday untuk mereka yang sekadar ingin menggeber mobilnya di sirkuit, kemudian varian Competition dengan spesifikasi lebih serius untuk mengikuti ajang balap.

718 Cayman GT4 Clubsport sudah bisa dipesan saat ini oleh konsumen yang berminat, dengan jadwal pengiriman ke konsumen dilakukan mulai bulan Februari 2019.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Updates

KTB Gelar Program Dukung Kemajuan Pendidikan SMK di Indonesia

BANDUNG, 18 Januari 2019 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membuka tahun 2019 dengan melaksanakan program FUSO Belajar...

McLaren 600LT Spider Lengkapi Keluarga Line Up Longtail

WOKING, 18 Januari 2019 – Rangkaian keluarga model Longtail dalam line up McLaren kembali bertambah, dengan diluncurkannya varian baru dari...

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan...

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...