Beranda Updates Penjualan Mobil Pikap Tahun Ini Kembali Naik

Penjualan Mobil Pikap Tahun Ini Kembali Naik

SURABAYA, 20 Desember 2017 — Sempat lesu selama dua tahun terakhir, penjualan mobil bak terbuka alias pikap mulai bergairah lagi. Ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Januari-November 2017, yang menunjukkan penjualan pikap mencapai 128.731 unit, meningkat 9,5% dibandingkan periode yang sama 2016.

Seperti dilansir gaikindo.or.id, Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, menjelaskan, peningkatan penjualan mobil pikap ditopang oleh membaiknya harga beberapa komoditas. “Tahun ini mulai ada perbaikan dan kami berharap tren positif di tahun depan,” kata Setiawan seperti dikutip Kontan pertengahan Desember 2017.

Suzuki mampu mencetak sekitar 45 persen dari total penjualan mobil pengangkut ini. Adapun model andalannya adalah Suzuki Carry. Jumlah ini diperkirakan akan bertahan hingga akhir tahun, karena tren penjualan mobil nasional relatif sama dengan 2016.

Positifnya penjualan mobil pikap ini juga dirasakan oleh PT Tata Motors Indonesia sebagai agen pemegang merek (APM) kendaraan Tata Motors di tanah air. “Prospek di kuartal keempat 2017 lumayan, dan bisa jadi kuartal pertama 2018 nanti kami sudah bisa melakukan pengiriman,” kata Kiki Fajar, Public Relations Manager Tata Motors Indonesia.

Menurut Kiki, peningkatan permintaan mobil pikap ini terjadi di sektor usaha logistik. Bahkan, tahun depan permintaan mobil segmen ini diprediksi akan meningkat seiring pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pendapat berbeda disampaikan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor. “Kenaikan (mobil) pasar komersial umumnya untuk light truck. Tapi di pasar pikap belum terlihat tanda kenaikan,” kata Amelia.

Kenaikan penjualan kendaraan komersial disebabkan gencarnya pembangunan infrastruktur dan kenaikan harga-harga komoditas. Sehingga, tren permintaan mobil pengangkut untuk segmen medium dan heavy duty truck akan naik.

Namun Amelia berharap, penjualan kendaraan pengangkut dengan ukuran yang lebih kecil seperti pikap bakal meningkat. “Tahun depan semoga pasar light truck dan pikap juga bisa bertumbuh,” kata Amelia.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Bandung Lautan Daihatsu Eratkan Tali Silaturahmi Para Konsumen

BANDUNG, 13 November 2018 – Menyambut akhir tahun 2018, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan apresiasi kepada para konsumen setianya...

Atlet Tim Bridgestone Indonesia, Eko Yuli Irawan Pecahkan Rekor di Ashgabat

ASHGABAT, 13 November 2018 -- Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, kembali mengibarkan Merah Putih di ajang internasional. Eko Yuli,...

RFT Motorsport Kembangkan Ban Rally Lokal RG4

JAKARTA, 13 November 2018 – Memanfaatkan pengalaman dan jam terbang di ajang rally, RFT Motorsport selaku bengkel spesialis balap mobil, mengembangkan sebuah ban rally terbaru...

Beginikah Tampang SUV Mewah ‘Kakak’ Hyundai Santa Fe?

SEOUL, 13 November 2018 – Hyundai telah mengumumkan akan meluncurkan model SUV termahalnya, saat memeriahkan ajang Los Angeles Auto Show...

Mitsubishi Fuso Belajar dan Menginspirasi Digelar di Lampung

LAMPUNG, 13 November 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia,...