Beranda Updates Pembatasan Ganjil-Genap Diperluas Jelang Asian Games 2018, Ini Skemanya

Pembatasan Ganjil-Genap Diperluas Jelang Asian Games 2018, Ini Skemanya

JAKARTA, 25 Juni 2018Pembatasan lalu lintas dengan sistem “ganjil-genap” plat nomor mobil akan diperluas area penerapannya di Jakarta. Perluasan ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018, bulan Agustus 2018.

Ruas jalan raya di DKI Jakarta akan semakin banyak yang diberlakukan pembatasan ganjil-genap ini, menyusul area jalan protokol yang telah lebih dulu menggunakan skema ini. Tujuan pembatasan ini agar rute yang dilalui para kontingen atlet dan tamu negara selama Asian Games tidak mengalami kepadatan yang berlebih.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta merilis infografis skema baru pembatasan ganjil-genap di Jakarta selama Asian Games 2018, yang tidak hanya berlaku di Jakarta Pusat tapi juga sampai ke Jakarta Barat, Utara, Timur dan Selatan. Pada tanggal 1 Agustus 2018, skema ini akan resmi dibelakukan.

Di wilayah Jakarta Barat, pembatasan akan diterapkan di Jalan Gatot Subroto, yang meneruskan pembatasan saat ini dari bilangan Senayan sampai ke Tomang atau tepatnya persimpangan Mall Taman Anggrek.

Kemudian di Jakarta Utara, pembatasan diterapkan di sepanjang Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran. Sementara di Jakarta Pusat akan ada penambahan pembatasan pada sepanjang ruas Jalan Rasuna Said, Kuningan.

Jakarta Timur akan mengalami pembatasan paling banyak, yakni mulai dari Jalan M.T. Haryono yang meneruskan pembatasan saat ini di Jalan Gatot Subroto. Selain itu pembatasan di wilayah timur juga akan terjadi di sepanjang Jalan D.I. Panjaitan sampai Jalan Ahmad Yani.

Untuk wilayah Jakarta Selatan, pembatasan diterapkan di Kawasan Lebak Bulus dan Pondok Indah, tepatnya dari Jalan R.A. Kartini sampai Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Sultan Iskandar Muda, berujung di persimpangan Jalan Kebayoran Baru.

Di samping penambahan ruas jalan, pembatasan ganjil-genap juga akan lebih panjang durasinya, dengan berlaku setiap hari (Senin-Minggu) pada jam 06.00 sampai 21.00. Sebelum pelaksanaan, akan dilakukan uji coba pada tanggal 2-31 Juli 2018.

Saat masa uji coba, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan akan melakukan sosialisasi dengan memasang rambu-rambu dan berbagai persiapan lainnya. Nah, siap-siap ya….

WAHYU HARIANTONO