Beranda New Cars Paten Desain Bocorkan Wujud Produksi Toyota Supra Terbaru

Paten Desain Bocorkan Wujud Produksi Toyota Supra Terbaru

TOKYO, 10 Oktober 2018 – Dengan telah didahului peluncurannya oleh sang kembaran, BMW Z4, Toyota sampai saat ini belum juga merilis Supra terbaru. Toyota bahkan baru mendaftarkan paten untuk sejumlah komponen Supra yang kini masih berupa prototipe dengan nama A90 Toyota Supra.

Dengan didaftarkannya paten komponen tersebut, maka kita bisa lihat bagaimana perkiraan wujud asli Supra versi produksi. Meski dikembangkan sebagai sportscar ‘kembar’, nyatanya Supra dan Z4 punya beberapa komponen yang dibedakan untuk menjadi identitas masing-masing.

Diungkap oleh forum SupraMKV, paten untuk sportscar ikonik dari Toyota ini meliputi komponen lampu utama, lampu belakang, desain setir, dashboard, jok, sampai emblem logo. Mobil ini akan diluncurkan pada Detroit Auto Show 2019, bulan Januari.

Yang paling menarik adalah Toyota akan tetap menggunakan emblem nama Supra dengan bentuk dan desain sama seperti terakhir kali diproduksi. Hal ini tentu akan menjadi nilai nostalgia dari Supra yang pernah menjadi benchmark performa sportscar dari Jepang.

Desain lampu utama dan lampu belakang tampak tidak berbeda dengan yang sudah ditampilkan pada GR Supra Racing Concept dan A90 Supra. Di bagian tengah bumper belakang, tepatnya di antara diffuser, terdapat lampu LED tambahan seperti terpasang di mobil balap.

Desain ala BMW bisa ditemui pada dashboard, setir plus paddle-shoft dan konsol tengah yang sangat khas pabrikan Jerman tersebut, bahkan lengkap dengan bentuk tuas transmisi otomatis dan pengendali iDrive. Joknya didesain berbentuk semi bucket yang menegaskan karakter sporty Supra.

Selain desain eksterior, yang membedakan Supra dengan Z4 adalah panel instrumen digital yang menampatkan satu indikator besar di bagian tengah. Pada Z4, dua indikator tampil sejajar dengan bentuk simetris, khas BMW.

Karena dikembangkan bersama BMW, maka Supra terbaru tidak akan dilengkapi mesin 2JZ yang legendaris itu. akan ada dua varian mesin tersedia yaitu empat silinder 2.0 liter dan enam silinder 3.0 liter sebagai trim termahal Supra 40i.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Asosiasi Parkir Indonesia Tolak Kenaikan Pajak Parkir 30%

JAKARTA, 24 Oktober 2018 -- Penetapan retribusi parkir ditentang kuat oleh Indonesian Parking Association. Hal ini dilakukaan saat pelaksanaan Focus...

Suzuki All New Ertiga Untuk Pasar Lokal dan Ekspor Hampir Sama

CIKARANG, 24 Oktober 2018 – Suzuki All New Ertiga yang diekspor ke-22 negara di dunia memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda...

Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Layak?

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- PT Nissan Motors Indonesia (NMI) telah mengirimkan release kepada redaksi Carvaganza, di dalamnya tertera harga...

Suzuki All New Ertiga Yang Diekspor ke-22 Negara Diproduksi di Cikarang

CIKARANG, 23 Oktober 2018 – Low MPV Suzuki All New Ertiga yang dieskpor ke-22 negara di Benua Asia, Amerika Latin dan...

Jelajah Nusantara Bersama Honda CR-V Turbo Lintasi Kalimantan

JAKARTA, 23 Oktober 2018 -- Setelah menempuh perjalanan lebih dari 8.000 km melintasi pulau Sumatra dan Jawa, rombongan ”Jelajah Nusantara...