Beranda Updates Pastikan Kualitas Layanan SPBU, Pertamina Gelar Program QQCI

Pastikan Kualitas Layanan SPBU, Pertamina Gelar Program QQCI

JAKARTA, 22 November 2016 – Untuk menjaga kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan SPBU, Pertamina Marketing Operation Region III yang menaungi wilayah operasi Jawa Bagian Barat, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten meluncurkan program Quality Quantity Cleanliness Inspection (QQCI). Program yang diluncurkan pada awal November 2016 ini bertujuan untuk memastikan proses pelayanan di SPBU Pertamina sudah sesuai prosedur dan memenuhi harapan konsumen.

PT Pertamina (Persero) selalu mewajibkan setiap SPBU untuk melakukan prosedur pemeriksaan rutin harian terhadap kualitas pelayanan, termasuk fasilitas pendukung yang ada di SPBU. Seperti halnya memastikan bahwa takaran BBM berkualitas yang diterima oleh konsumen di setiap SPBU Pertamina sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Setiap SPBU memang diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan setiap hari secara rutin sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pertamina juga punya program Pasti Pas yang bertujuan untuk memastikan konsumen mendapatkan kualitas pelayanan terbaik di setiap outlet SPBU, baik dari sisi kualitas produk dan pelayanan serta fasilitas pendukung,” ungkap Yudi Nugraha, Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat.

Yudi mengatakan sebagai permulaan program QQCI baru dilaksanakan di SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek. Pelaksanaan program QQCI dimulai dengan melakukan inspeksi rutin ke SPBU Pertamina yang dipilih secara acak setiap hari Senin – Jumat mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Dalam setiap inspeksi rutin tersebut, para petugas QQCI yang berseragam lengkap selalu melaksanakan proses sesuai prosedur.

Pemeriksaan antara lain dilakukan terhadap takaran BBM dengan menggunakan alat ukur sekaligus menilai langsung kondisi nozzle. Pemeriksaan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan terkait kondisi kebersihan dan kelayakan fasilitas pendukung, seperti mushalla, toilet, toserba, halaman depan dan dalam SPBU serta fasilitas lainnya.

Untuk mendapatkan feedback langsung dari konsumen, para petugas QQCI juga melakukan wawancara langsung di lokasi ketika para konsumen selesai melakukan pengisian BBM atau menggunakan fasilitas yang ada di SPBU Pertamina. Hal ini dimaksudkan agar konsumen juga dapat secara bebas mengungkapkan komentarnya terkait kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh SPBU.

“Pertamina hadir untuk memastikan konsumen mendapatkan yang terbaik. Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik untuk konsumen,” tutup Yudi.

Masyarakat bisa memberikan masukan dan pengaduan pelayanan di SPBU dengan cara menghubungi Pertamina Contact Center dengan nomor 1-500-000 (24 jam).

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Tutup 2018, Suzuki Donasikan Mobil untuk 7 SMK di Indonesia

TAMBUN, 12 Desember 2018 – Menutup tahun 2018, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) kembali menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR)...

Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Dukung Film Milly & Mamet

JAKARTA, 12 Desember 2018 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut mendukung produksi film “Milly & Mamet”. Di film...

Toyota Avanza Rayakan Usia 15 Tahun, Tahun Depan Ganti Model?

JAKARTA, 12 Desember 2018 – Pada Rabu, 11 Desember 2018, Toyota Avanza sudah menyentuh usia ke-15 tahun sejak pertama kalinya...

Ini Alasan Garuda Indonesia Pilih Mitsubishi Xpander Jadi Kendaraan Operasional 

JAKARTA, 12 Desember 2018 – Garuda Indonesia memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional awak kabin (air-crew). Sebanyak total 401 unit...

Porsche Macan 2019, Version 1.5

SEBANYAK 350 ribu Macan sudah sukses ‘berkeliaran’ di jalanan dunia sejak Porsche meluncurkan perdana empat tahun yang lalu. Bahkan pada...