Home Updates Pasar Komersial Turun, Market Share Isuzu Naik

Pasar Komersial Turun, Market Share Isuzu Naik

SHARE

JAKARTA, 10 November 2016Penjualan otomotif nasional masih belum memberikan angin segar, termasuk di segmen Commercial Vehicle (CV). Meski demikian, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) masih mencatat hasil yang cukup menggembirakan. Hingga kuartal III tahun 2016, Januari-September, Isuzu memperbesar market sharenya.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari hingga September 2016, penjualan wholesale nasional mencapai 783.450 unit. Dari angka ini, penjualan Isuzu mencapai 11.706 unit atau 1,5% dari pangsa pasar.

Keiji Takeda, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengakui jika kekuatan utama Isuzu di segmen komersial mengalami penurunan. “Pasar light truck turun 17% dan heavy duty turun sekitar 5%,” katanya di acara press conference Isuzu, di Jakarta, hari ini, Kamis (10/11).

Baca Juga:  Elon Musk Berencana Melepas Mayoritas Saham Tesla

Penurunan pangsa pasar tersebut, menurut Direktur Pemasaran Kendaraan Niaga IAMI Takuni Kaji sejalan dengan kondisi pasar otomotif kendaraan niaga yang cenderu menurun di Indonesia, mengingat penetrasi utama Isuzu di Indonesia lewat pasar kendaraan niaga.

“Penurunan ini sesuai dengan cuaca ekonomi yang sebagian besar menekan pasar kendaraan komersial. Meski demikian, kami meyakini di segmen truk ringan akan ada peningkatan pangsa pasar,” kata Kaji.

Namun dari sisi market share, Isuzu mengalami peningkat. Misalnya di segmen light truck dimana Isuzu mencatat kenaikan pangsa pasar 1,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 lalu. Jika tahun lalu penguasaan pasar Isuzu mencapai 17%, tahun ini menjadi 18,2%.

Baca Juga:  Astra Holiday Campaign 2018 Siap Jamin Perjalanan Mudik Tetap Nyaman

Langkah yang dilakukan Isuzu antara lain memperkenalkan beberapa produk andalan pada tahun 2016 ini. Di Light Commercial Vehicle (LCV), Isuzu memperkenalkan Isuzu mu-X (premier dan standar) dan Isuzu D-Max (Rodeo AT, Rodeo MT, Double Cab, Single Cab). Sedangkan andalan di segmen Commercial Vehicle, Isuzu memperkenalkan ELF NMR 71.

RAJU FEBRIAN

SHARE

Last Update

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...

Momen Langka, Menangkap Landmark Kota Jakarta

JAKARTA, 22 Juni 2018 – Untuk memotret mobil di pusat kota Jakarta di hari biasa sangat sulit. Hari biasa di...

Konsumsi BBM New Datsun GO Capai 19 Km/L Berkat Transmisi CVT

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- Pada musim mudik Lebaran 2018 ini saya memang tidak berencana untuk mudik ke kampung halaman orang...

The First Fullerton Concours d’Elegance in Singapore

SELAMA ini Singapura hanya dikenal melalui balap Formula 1 setiap tahun sebagai event otomotif bertaraf dunia yang digelarnya. Tahun ini,...

Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

MARANELLO, 22 Juni 2018 – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kimi Raikkonen berada di Formula 1, menyusul...