Beranda Updates Orangutan Adopsi Bridgestone Mulai Dilepasliar ke Hutan

Orangutan Adopsi Bridgestone Mulai Dilepasliar ke Hutan

SAMBOJA, 31 Agustus 2018 – Kepedulian akan kelestarian lingkungan terus dilakukan oleh PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), melalui program pemeliharaan orangutan di Kalimantan. Pada kali ini, Bridgestone mulai melepas orangutan yang telah dipeliharanya ke alam aslinya di hutan liar.

Pada program Corporate Social Responsibilities (CSR) bertema “Ecopia Supports Orangutan”, Bridgestone mulai melepas dua ekor orangutan yang telah diadopsi dan diperlihara, Obi dan Elder, ke habitat aslinya.

Obi dan Elder dilepas pada hari Jumat (31/8/2018) kemarin, di Hutan Samboja, Kalimantan Timur, namun belum sepenuhnya dilepas bebas ke alam liar. Prosesi kali ini baru tahap pra-pelepasliaran untuk Obi dan Elder melakukan adaptasi lebih lanjut.

Bridgestone menggandeng Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) pada program Ecopia Supports Orangutan ini, yang bertujuan menyelamatkan spesies orangutan yang semakin langka dan saat ini di dunia hanya ada di Indonesia. Progam ini telah berlangsung sejak tahun 2012.

“Program konservasi hutan dan adopsi orangutan yang kami lakukan ini merupakan salah satu wujud komitmen CSR global Bridgestone Corporation, “Our Way to Serve” yang salah satu fokusnya adalah pada lingkungan (environment),” terang Presiden Direktur PT BSIN, Akihito Ishii.

Setelah menjalani masa rehabilitasi selama lima tahun terakhir, Ebi dan Elder yang menurut penelitian dianggap sudah siap untuk dilepas ke alam liar di hutan. Awalnya, pra-pelepasliaran dijawdalkan untuk tahun 2020, tetapi progress Obi dan Elder ternyata lebih cepat dari perkiraan.

Dikatakan Ishii, pemindahan dua orangutan muda itu dimajukan karena hasil studi Yayasan BOS yang melihat segi umur maupun perkembangan keterampilan dan perilakunya di sekolah hutan.

”Kami sangat bersyukur sekali dan bangga dapat melanjutkan kembali kerjasama dengan PT. Bridgestone Tire Indonesia untuk menjadi salah satu donatur bagi Orangutan Borneo kami. Kembalinya Obi dan Elder ke habitatnya di hutan menjadi salah satu bukti kesuksesan program yang didukung oleh Bridgestone sejak enam tahun yang lalu,” kata dr. Agus Irwanto, Program manager BOS yang aktif dalam pelestarian dan perlindungan orangutan.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

BMW Indonesia Ajak Konsumen Perbaiki Mobil Tua Miliknya

JAKARTA, 21 November 2018 -- BMW Indonesia membuka peluang bagi konsumen yang melakukan pendaftaran mobilnya untuk identifikasi perbaikan kendaraannya. Perbaikan ini...

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...