Beranda Updates Neuville Kuasai WRC Portugal 2018, Hyundai Pimpin Klasemen

Neuville Kuasai WRC Portugal 2018, Hyundai Pimpin Klasemen

FAFE, 21 Mei 2018 – Kemenangan meyakinkan menjadi milik tim Hyundai pada seri WRC Portugal 2018, melalui pereli Thierry Neuville yang tampil kencang sejak awal. Penampilan dominan Neuville sekaligue mengantarkannya menjadi pemimpin di klasemen sementara.

Pereli asal Belgia itu berhasil meraih kemenangan kedua Hyundai tahun ini dengan total catatan waktu 3 jam 49 menit 46,6 detik, untuk unggul hingga 40 detik di depan Elfyn Evans (M-Sport Ford). Sementara di posisi ketiga, pereli Ford lainnya, Teemu Suninen terpaut 47,3 detik dari Neuville.

Memacu Hyundai i20 WRC, Neuville kencang sejak sesi Shakedown, hingga meraih kemenangan di Power Stage hari Minggu (20/5/2018). Semakin manis kemenangan di Portugal bagi Neuville karena para rival utamanya yakni Sebastien Ogier (M-Sport Ford) dan Ott Tanak (Toyota Gazoo) gagal finis dan mendulang poin.

Ogier dan Tanak yang menjadi penantang gelar juara tahun ini, harus terhenti lajunya di hari Jumat akibat mengalami kecelakaan yang cukup hebat. Alhasil, Neuville yang sebelum seri Portugal tertinggal 10 poin dari Ogier, kini memimpin dengan jarak 19 poin.

Di saat Neuville nyaris tanpa perlawanan di depan, persaingan cukup seru terjadi pada perebutan posisi ketiga. Dani Sordo (Hyundai) dan Esapekka Lappi (Toyota Gazoo) terlibat saling kejar dengan Suninen, hingga akhirnya Suninen unggul dengan ketiganya berselisih 14 detik saat finish.

Selain Neuville, Hyundai juga menjadi pemimpin di klasemen manufaktur setelah seri Portugal ini. Dengan total Raihan 175 poin, Hyundai unggul 13 poin dari M-Sport Ford dan 35 poin unggul dari Toyota Gazoo.

WRC 2018 mulai memasuki paruh kedua musim, dengan tujuh seri tersisa yang akan dimulai dengan seri Italia (Sardinia).

WAHYU HARIANTONO