Beranda Updates Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi Wakili Indonesia di Jepang

Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi Wakili Indonesia di Jepang

JAKARTA, 18 September 2018 — Tim Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle yang berada di bawah naungan Universitas Islam Indonesia menjadi satu-satunya tim Universitas Swasta di Indonesia yang lolos seleksi dalam ajang tahunan Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) di Jepang. Mengandalkan mobil bernama Adaro Kaliurang Unisi, mereka berlomba pada 4-8 september 2018.

Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi ini mengunakan sistem car control unit buatan hasil pengembangan sendiri. Car Control Unit adalah suatu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk mengendalikan semua perangkat-perangkat yang ada di dalam mobil atau dengan kata lain adalah otak dari sebuah mobil.

Tak hanya itu mobil Adaro Kaliurang Unisi ini juga dilengkapi dengan sistem data logger dan telemetry di mana sistem data logger memungkinkan mobil mencatat semua kebutuhan data teknis secara otomatis, sementara itu sistem telemetry sendiri adalah sebuah teknologi yang sistem kerjanya seperti Formula 1.

Dengan teknologi ini, semua data kondisi mobil (seperti kondisi baterai, suhu motor, dan lain-lain) ditampilkan pada satu layar secara otomatis, sehingga tim dapat memantau mobil dari paddock. Kedua teknologi ini belum dimiliki mobil listrik buatan mahasiswa dari universitas lainnya.

Ada pun keunggulan lain yang dimiliki oleh Mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi, yakni memiliki teknologi cooling system yang belum ada di generasi mobil listrik sebelumnya. Adaro Kaliurang Unisi ini dibuat dengan menggunakan body material carbon fiber dengan proses vacuum infusion yang membuat body mobil memiliki bobot yang lebih ringan. Serta bentuk desain aerodinamik yang lebih optimal sehingga dapat meinimalisir drag dan meningkatkan downforce.

Di Jepang, mobil Listrik Adaro Kaliurang Unisi lolos dari tahap seleksi penilaian EV Zero, sebagai salah satu pendatang baru dalam ajang lomba FSAE Jepang untuk lolos dalam tahap penilaian EV Zero bukanlah hal yang mudah. Selain itu, Para Juri juga sangat mengapresiasi Tim UASC UII atas pemilihan bahan dasar pembuatan body mobil yang dimana menggunakan bahan carbon fiber.

Dari segi desain, mobil Adaro Kaliurang Unisi juga mendapat penilaian positif dari para juri. Mobil Adaro Kaliurang Unisi mendapat penghargaan desain terbaik sebagai pendatang baru dalam ajang lomba ini. Tim UASC UII berharap pencapaian ini dapat memacu semangat untuk mengembangkan mobil listrik dan dapat mendapatkan gelar juara pada kompetisi FSAE 2019 mendatang.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar

Last Updates

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...

VIDEO: Kejutan Toyota Avanza Veloz Setelah 15 Tahun

JAKARTA, 17 Januari- PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota New Avanza dan New Veloz terbaru. Low MPV ini diluncurkan di Senayan,...

Shell Operasikan Kembali 4 SPBU di Jawa Timur

SURABAYA, 17 Januari 2019 – Guna menjawab kebutuhan pelanggan di Jawa Timur, Shell mengoperasikan terminal BBM di Gresik dan secara...

BMW Seri 7 Facelift, Padukan Karakter Gagah dan Dinamis

MUNICH, 17 Januari 2019 – Seri 7 menjadi model baru pertama yang BMW luncurkan di tahun 2019 ini, menampilkan ubahan...

Mercedes-Benz G-Class Segera Meluncur di Indonesia, Harga Tidak Semahal IU

YOGYAKARTA, 17 Januari 2019 – Akhir tahun lalu, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah memastikan akan meluncurkan Mercedes-Benz G-Class terbaru...