Beranda Updates Mobil Alfabet Karya Xylone Juara Lomba Gambar Toyota di Tokyo

Mobil Alfabet Karya Xylone Juara Lomba Gambar Toyota di Tokyo

Karya gambar Xylone bahkan dibuatkan miniatur dioramanya oleh tim engineer dari Toyota Japan.

JAKARTA, 29 Agustus 2018 — Anak Indonesia bernama Xylone Margareth Andariska, berhasil meraih medali emas pada International Toyota Dream Car Art Contest yang dilangsungkan di Tokyo, Jepang, hari ini, 29 Agustus 2018. TDCAC merupakan lomba gambar internasional yang mengambil tema mobil impian masa depan.

Selain itu, Xylone juga meraih penghargaan tertinggi yaitu Engineering Award, yang mana karya gambar Xylone dibuatkan miniatur dioramanya oleh tim engineer dari Toyota Japan.

Xylone, 7 tahun dari Bendul Merisi, Surabaya, merupakan salah satu wakil Indonesia di ajang TDCAC tingkat internasional. Lomba menggambar anak kelas dunia yang diikuti hampir 650.000 peserta dari 72 negara.

Karya gambar Xylone memang unik dan menarik, yaitu “Mobil Alfabet”. Berawal dari ide Xylone yang ingin sekali membantu adiknya yang kesulitan belajar membaca. Dari situ Xylone memiliki ide mobil masa depan di mana mobil-mobil tersebut bisa berkeliling untuk mengajarkan anak-anak membaca. Hanya uniknya mobil tersebut mobil desainnya berbentuk huruf-huruf alfabet. Ada mobil yang berbentuk huruf A, huruf B, C dan seterusnya.

Penghargaan tertinggi ini diberikan langsung oleh Didier Leroy, Vice President Toyota Motor Corporation Japan. “Mobil dari Indonesia, kami rasa memiliki ide yang orisinal dan dekat dengan kehidupan sehari hari dan membumi, karyanya bahkan menginspirasi untuk utilisasi mobil konsep Toyota e-pallete,” katanya.

“Saya ingin mobil ini [Alphabet Car] ada di kehidupan sehari-hari kita, sehingga orang-orang mempunyai kemudahan akses dalam belajar membaca. Saya yakin bahwa kemampuan membaca dan menulis akan membuka jalan di semua aspek kehidupan dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” mengutip dari deskripsi gambar Xylone.

Sementara Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia, yang ikut berpartisipasi dalam lomba TDCAC. “Sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impiannya,” katanya.

Xylone merupakan pemenang pada ajang Local Contest di Indonesia kategori usia dibawah 8 tahun. World Contest TDCAC di Jepang berlangsung sejak tahun 2004 merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kontes ini untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...