Beranda Updates Mitsubishi Optimistis Jadi Pemain Terbesar Kedua di Small MPV

Mitsubishi Optimistis Jadi Pemain Terbesar Kedua di Small MPV

JAKARTA, 27 Juli 2017 – Masuknya mobil Small MPV yang baru dari Mitsubishi tentu akan membuat pasar bertambah ramai dan persaingan menjadi semakin ketat. Tercatat sudah ada empat nama yang bercokol di segmen ini, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio. New MPV dari Mitsubishi adalah pemain kelima yang siap menggerogoti pasar keempat kompetitornya.

Memang ada satu nama yang muncul sebelum kehadiran MPV baru Mitsubishi yaitu Wuling Confero dari Cina, namun kita pinggirkan dulu nama ini. Dengan kapasitas produksi MPV mencapai 80 ribu unit per tahun, Mitsubishi Motors Corporation melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM tentu bukan perkara main-main.

President Director PT MMKSI Kyoya Kondo dalam wawancara khusus dengan Carvaganza ketika ditanya soal dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di segmen small MPV, dengan rendah hati mengatakan bahwa Mitsubishi adalah pemain baru di segmen ini dan baru tercatat sebagai pemain kelima. “Tentu saja, kompetitor ketat kami tersebut memiliki customer base yang besar di sini karena kehadirannya sejak tahun 2004 lalu.”

Namun, ujarnya, Mitsubishi optimistis dengan komitmen yang kuat terhadap kualitas produk, sales maupun after-sales, pihaknya akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga MPV baru Mitsubishi akan menjadi mobil andalan keluarga Indonesia. Kehadiran new MPV ini bakal menempatkan Mitsubishi sebagai pemain terbesar kedua di segmen small MPV di negeri ini.

“Kami merasa optimistis model ini akan mendapatkan kepercayaan masyarakat di Indonesia karena kami memiliki komitmen yang kuat terhadap Indonesia dan terhadap produk yang kami jual. Masyarakat di Indonesia pun sudah memberikan kepercayaan kepada model-model kami di segmen yang lain seperti Mitsubishi Pajero Sport, Outlander atau pun di pasar sedan. Dengan kapasitas produksi small MPV 80 ribu unit per tahun, kami yakin dapat menjadi pemain terbesar kedua nanti,” ujarnya.

Mitsubishi menginvestasikan dana sebesar 30 milyar yen (sekitar Rp 3,5 trilyun) untuk melahirkan small MPV yang baru. Investasi itu sudah termasuk pembangunan pabrik baru di Bekasi, Jawa Barat, yang bakal menjadi production base new small MPV Mitsubishi, membangun dan mengembangkan jaringan baru distributor, biaya R&D dan lain-lain. Pabrik baru tersebut memiliki kapasitas produksi 80 ribu unit MPV dan menyerap sekitar 3000 tenaga kerja.

“Investasi tersebut merupakan bentuk komitmen kuat kami terhadap Indonesia dan kami menganggap Indonesia merupakan negara yang penting bagi Mitsubishi. Investasi ini bakal membuka sebuah jalan baru bagi Mitsubishi di segmen baru yakni di kelas small MPV,” ujar Kyoya Kondo.

Kondo mengatakan bahwa pengembangan new small MPV ini memakan waktu sekitar empat tahun, salah satunya harus melakukan survey yang mendalam terhadap publik Indonesia. “Mobil ini adalah mobil yang memang dibuat untuk kebutuhan konsumen Indonesia karena itu kami melakukan survey yang komprehensif di sini tentang kebutuhan, gaya hidup orang Indonesia, termasuk mendapatkan masukan tentang desain mobil.”

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Bodykit Toyota FT 86 Buatan Lokal Bakal Diluncurkan di IMX 2018

JAKARTA, 15 November 2018 - Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 akan dihelat dua hari lagi. Pameran modifikasi bertaraf international ini...

Komunitas Civic Turbo Rayakan Ulang Tahun Ke-2 di Anyer

JAKARTA, 15 November 2018 -- Komunitas Honda Civic Turbo kembali berkumpul merayakan ulang tahun ke-2 di Anyer, Banten. Meskipun perayaan...

Bridgestone Indonesia Dukung ASEAN Automobile Safety Forum 2018

KARAWANG, 14 November 2018 -- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mendukung New Car Assessment untuk Asia Tenggara (ASEAN NCAP)...

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...