Beranda Updates Mitsubishi Motors Maksimalkan Kapasitas Produksi di Indonesia Jadi 220.000 Unit

Mitsubishi Motors Maksimalkan Kapasitas Produksi di Indonesia Jadi 220.000 Unit

JAKARTA, 3 Oktober 2018 – Meningkatnya permintaan Mitsubishi Xpander membuat Mitsubishi Motors meningkatkan kapasitas produksi di pabrik mereka di Bekasi, Jawa Barat. Mitsubishi Motors, hari ini, Rabu (3/10/2018) kembali mengumumkan rencana peningkatan kapasitas produksi tahunannya. Hal ini untuk merespon permintaan yang besar terhadap small MPV Xpander baik untuk pasar Indonesia maupun ekspor.

Kapasitas produksi tahunan yang saat ini yang mencapai 160.000 unit akan ditingkatkan menjadi 220.000 unit yang menjadi kapasitas produksi maksimum pada tahun fiskal 2020. Pengembangan ini merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar Yen (sekitar Rp 540 miliar). Investasi ini akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Bekasi untuk melengkapi total karyawan mencapai 4.100 orang.

Dari angka tersebut, khusus untuk Xpander, volume produksinya akan ditingkatkan dari 115.000 unit menjadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Ini merupakan pengumuman peningkatan produksi yang keempat yang dilakukan Mitsubishi Motors. Di awal produksi, Mitsubishi menetapkan angka 5.000 unit, kemudian naik menjadi 8.000 unit, dan 10.000 pada bulan Juli 2018.

Selain itu, ekspor juga akan ditingkatkan dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri termasuk negara-negara ASEAN.

“Peningkatan produksi ini kami lakukan untuk memenuhi permintaan Mitsubishi Xpander yang sangat tinggi,” kata Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (3/10/2019). Osamu ditemani Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Takao Kato, President Director Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Langkah ini mendapat apresiasi dari Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian RI. “Di tengah kondisi ekonomi saat ini, Mitsubishi melakukan komitmen untuk melakukan investasi, menambah kapasitas produksi yang sekaligus akan menambah tenaga kerja, serta meningkatkan ekspor. Pemerintah mendukung rencana ini,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Osamu mengatakan mesin Xpander akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia, mulai tahun fiskal 2020. Investasi ini dilakukan oleh Nissan. Hal ini akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dari 71% menjadi sekitar 80% yang tentunya akan membawa manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal. Pengembangan di fasilitas NMI akan mampu memproduksi 160.000 unit mesin per tahun.

Mitsubishi Xpander telah membukukan 100.000 angka pemesanan di Indonesia sejak diperkenalkan bulan Agustus 2017 hingga akhir September 2018. Pada bulan Maret dan Juli tahun ini, Xpander menduduki posisi pertama pada daftar volume penjualan kendaraan di Indonesia dan dinobatkan sebagai Car of the Year 2018 oleh Tabloid OTOMOTIF pada bulan Maret serta FORWOT Car of the Year 2018 dari Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) pada bulan September.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

FEATURE: New Cars in Pebble Beach, New Meets Classic

Nama Pebble Beach Concours d’Elegance tentunya tak asing bagi para pecinta mobil klasik. Para kolektor bermimpi untuk bisa membawa mobil...

Wow! Ini Dia Bocoran Nama dan Harga Wuling SUV

JAKARTA, 19 Desember 2018 – Wuling Motors berencana baru akan meluncurkan Wuling SUV pada tahun depan, yang sampai saat ini belum diumumkan waktu pastinya....

Dian Asmahani, Wuling Memberikan yang Terbaik Untuk Indonesia

WULING MOTORS merupakan brand yang masih sangat muda di Indonesia. Pabrikan asal Cina itu baru masuk di Indonesia pada bulan...

BMW X5 xDrive45e iPerformance, When Efficiency Meets Supremacy

STRATEGI mobil listrik milik BMW memang istimewa.  Saat Anda menginginkan sebuah mobil listrik perkotaan yang canggih, Anda dapat memilih BMW...

Bulan Depan, Generasi Terbaru Mercedes-Benz CLA Lahir

STUTTGART, 19 Desember 2018 – Satu model baru Mercedes-Benz dipastikan akan meluncur pada awal tahun depan, saat berlangsungnya Consumer Electronic...