Beranda Updates MINI Tampilkan Jagoan di Rally Dakar 2017

MINI Tampilkan Jagoan di Rally Dakar 2017

LONDON, 31 Desember 2016 – Pabrikan mobil kompak asal Inggris yaitu MINI memperlihatkan jagoan terbaru mereka yang nantinya akan digunakan pada ajang Rally Dakar 2017. Pada ajang yang dimulai pada 2 Januari 2017 tersebut Mini menggunakan mobil dengan basis all-new Countryman.

John Cooper Works  Rally car ini mewarisi kesuksesan dari mobil terdahulunya yaitu Mini ALL4 Racing. Mobil ini dikembangkan secara langsung oleh partner Mini dalam bidang motorsport yaitu X-Raid. MINI JCW Rally 2017 mendapatkan ubahan secara menyeluruh di beberapa bagian.

Ubahan yand dilakukan secara total tersebut terletak pada bagian aerodinamika, pengaturan suhu kendaraan, pembagian bobot kendaraan, center of gravity yang lebih rendah dan tentu mesin terbaru yang telah dilakukan sentuhan lebih mendalam. MINI mengklaim mobil memiliki performa yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan mobil Rally Dakar generasi sebelumnya.

MINI menyematkan mesin yang diboyong dari BMW berkonfigurasi enam silinder segaris. Mesin ini berkapasitas 3.0 liter dengan drysump bertenaga 340 hp dan torsi 800 Nm. Mesin ini bertengger di atas subframe removable. Dengan adanya fitur tersebut, setiap teknisi yang menangani mobil ini dapat mengganti mesin hanya dalam waktu 1 jam saja.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi enam kecepatan sequential dari SADEV untuk menyalurkan tenaga ke penggerak empat roda. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan oil-cooled Xtrac dibagian depan dan diffuser dibagian belakang yang dipasok langsung dari SADEV.

Untuk membuat aliran pembuangannya lebih plong, MINI menyematkan knalpot yang dipasok oleh Arkaprovic. MINI juga mengatakan jika jagoan yang hanya memiliki bobot 1.952 kilogram ini dapat melesat hingga 184 km/jam.

Untuk meredam guncangan ketika melibas trek dengan permukaan kasar, MINI menyematkan suspensi yang dibuat khusus oleh Reiger Racing dimana disetiap rodanya dibekali dengan suspensi full adjustable. Kaliper rem enam piston juga dipercaya dapat melambatkan laju dari mobil ini.

TITO LISTYADI