Beranda Updates Meski Resesi Ekonomi, Ekspor Toyota Indonesia Terus Tumbuh

Meski Resesi Ekonomi, Ekspor Toyota Indonesia Terus Tumbuh

JAKARTA, 29 November 2018 – Kegiatan ekspor kendaraan oleh Toyota Indonesia kembali mengalami peningkatan positif, untuk periode Januari –Oktober 2018. Selama sepuluh bulan terakhir, Toyota telah mengekspor sebanyak 173.700 unit kendaraan utuh dari Indonesia.

Jumlah 173,700 unit itu telah lebih banyak bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017, yaitu naik 2% dari sebelumnya yang sebanyak 170.400 unit. Pencapaian ini termasuk menggembirakan mengingat kondisi perekonomian global negara-negara tujuan ekspor belum stabil.

Beberapa negara tujuan ekspor Toyota masih mengalami resesi ekonomi, yang dimanfaatkan oleh Toyota untuk bisa menjaga efisiensi produksi dan kualitas global, sehingga tetap kompetitif dibanding negara lain.

“Selama Toyota Indonesia dan seluruh rantai pasok bisa meningkatkan dengan tetap mengedepankan kualitas, termasuk di dalamnya menggunakan sebanyak mungkin material lokal, maka produksi kita akan semakin kompetitif dan terserap dengan baik oleh negara tujuan ekspor,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Toyota Fortuner masih menjadi kontributor ekspor terbanyak dengan jumlah 43.400 unit atau 25% dari keseluruhan ekspor CBU. Minat pasar ekspor terhadap SUV semakin tinggi, khususnya untuk permintaan pada Fortuner.

Ekspor kendaraan bermerek Toyota dengan jumlah terbanyak lainnya diikuti oleh Avanza dengan kontribusi 18% (30.700 unit) dan Agya dengan 16% (27.200 unit). Vios menjadi satu-satunya penyumbang di segmen sedan, melengkapi lima besar ekspor Toyota Indonesia sebanyak 20.300 unit, di bawah Rush yang menyumbang 15% atau sebanyak 25.600 unit.

Sebagai bagian dari rantai pasok dunia (global supply chain), Toyota Indonesia juga mengekspor komponen kendaraan bermotor, dengan total 81,9 juta keping. Belum termasuk pengiriman mesin dalam bentuk utuh (engine assy), yakni 37.300 unit tipe TR dan 87.800 unit tipe RNR.

Bob Azam, Direktur TMMIN, menambahkan, konsistensi dan keberhasilan ekspor brand Toyota dari Indonesia menunjukan bahwa posisi Indonesia sangat strategis bagi jaringan global Toyota.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

TETS DRIVE: Bentley Bentayga V8 2018, Prince In The Street

BENTLEY memang mobil mahal dan hanya dibeli oleh orang-orang super kaya. Sejak dilahirkan tahun 1919, memang mengkhususkan diri sebagai mobil...

FEATURE: Car Subscription, Drive It Like You Own It

SAAT INI kita hidup di era millennial. Merekalah yang membentuk dunia yang kita tinggali ini. Karakter mereka yang ingin segalanya...

Suzuki Vitara 2019, The New Way of Life

JIKA Anda mendapati mesin waktu dan lompat ke pertengahan era 90-an, maka akan terlihat banyaknya populasi City-SUV kembar tiga produksi...

Dhika CH Berhasil Juara Kejurnas Drift Seri 4 Di Yogyakarta

YOGYAKARTA, 8 Desember- Kejuaraan Nasional Drifting sudah memasuki putaran keempat. Event kali ini dilaksanakan di Landasan Udara Gading, Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akhir pekan...

Pemenang AFF Suzuki Penalty Kick Challenge Dapat GSX-R150

JAKARTA, 9 Desember 2018 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan gelaran AFF Suzuki Cup 2018....