Beranda Updates Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Nissan Indonesia

Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Nissan Indonesia

JAKARTA, 3 Oktober 2018Mitsubishi Motors tak hanya mengumumkan peningkatan kapasitas produksi menjadi 220.000 unit. Mitsubishi juga mengumumkan mesin Mitsubishi Xpander akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia, mulai tahun fiskal 2020.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation mengatakan hal ini terkait banyak hal. Pertama keduanya merupakan aliansi di tingkat global. Kedua, hal ini dilakukan menyusul meningkatnya permintaan Xpander baik ekspor dan lokal.

Osamu mengatakan saat ini mesin Xpander masih diimpor CBU dari Jepang. Ia menekankan jika mesin diproduksi secara lokal akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dari 71% menjadi sekitar 80%. Pengembangan di fasilitas NMI akan mampu memproduksi 160.000 unit mesin per tahun.

Namun belum ada informasi dimana produksi akan dilakukan. Selama ini Nissan memproduksi model Nissan dan Datsun di pabrik mereka di Purwakarta, Jawa Barat.

“Mengenai investasi produksi mesin ini, sepenuhnya ini dilakukan oleh Nissan bukan kami. Mengenai nilainya kami tidak tahu soal itu. Nantinya, Nissan akan memproduksi mesin dan kami membeli dari Nissan,” kata kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (3/10/2019).

Sementara itu, Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan produksi mesin secara lokal ini belum akan mempengaruhi harga Xpander. “Masih terlalu dini untuk bicara soal pengaruh produksi mesin lokal dengan harga jual Xpander,” katanya.

Ia mengatakan saat ini Mitsubishi fokus pada rencana peningkatan kapasitas produksi Mitsubishi Motors di Indonesia. Mitsubishi akan meningkatkan kapasitas produksi pabriknya menjadi 220.000 unit. Dari angka ini 160.000 diantaranya adalah Mitsubishi Xpander, terdiri dari 50.000 unit untuk pasar ekspor dan 110.000 untuk pasar dalam negeri.

“Peningkatan kapasitas produksi ini untuk memenuhi permintaan Xpander yang tinggi. Kami akan berusaha melakukan delivery pada konsumen secepat mungkin,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 -- Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah...

BMW Indonesia Ajak Konsumen Perbaiki Mobil Tua Miliknya

JAKARTA, 21 November 2018 -- BMW Indonesia membuka peluang bagi konsumen yang melakukan pendaftaran mobilnya untuk identifikasi perbaikan kendaraannya. Perbaikan ini...

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...