Beranda Updates Mencicipi Toyota JPN Taxi dari Tokyo Menuju Yokohama

Mencicipi Toyota JPN Taxi dari Tokyo Menuju Yokohama

JPN Taxi sedang parkir di depan Keio Plaza Hotel tempat jurnalis Indonesia menginap.

TOKYO, 28 Oktober 2017 – Setelah Toyota Motor Corporation meluncurkan JPN Taxi terbaru pada Tokyo Motor Show (TMS) 2017 pada 25 Oktober lalu. Selang dua hari kemudian Carvaganza mencicipi menaiki taksi teranyar kota Tokyo tersebut.

Ya, saya mencicipinya lumayan lama, dari hotel tempat saya menginap di Keio Plaza Hotel di Tokyo menuju gedung konvensi Pacifico Yokohama di Yokohama dengan perjalanan sekitar 1 jam. Tapi bukan sebagai pengemudi, melainkan sebagai penumpang. Perjalanan saya ke Yokohama sendiri adalah untuk mencicipi fitur-fitur canggih Lexus LS 500h, yang juga diluncurkan di TMS 2017.

JPN Taxi – orang sering menyebutnya Japan Taxi – adalah mobil taksi buatan Toyota yang hanya khusus dibuat untuk pasar Jepang, terutama kota Tokyo, agar menjadi ciri khas taksi di ibukota Negeri Matahari tersebut. Seperti kota New York yang terkenal dengan Yellow Cab-nya.

Menurut pabrikan, JPN Taxi ini merepresentasikan spirit keramah-tamahan orang Jepang. Kendaraan umum ini dikembangkan secara khusus menjadi sebuah kendaraan yang nyaman dan ramah bagi orang dewasa, anak-anak, orang tua, pengguna kursi roda atau pun wisatawan mancanegara.

Bentuknya lucu, mengotak dengan bagian atap tinggi. Mirip-mirip mobil van dan warnanya seragam, yaitu hitam. Untuk memasukinya gampang sekali, karena pintu geser akan membuka dengan lebar dan sangat lega sehingga orang tua tidak akan kesulitan untuk masuk.

Ketika Anda memasuki bagian dalam pada bagian penumpang, kursi terasa nyaman dengan posisi duduk yang pas. Headroom sangat lapang dan legroom pun lega. Bahkan ketika saya menyimpan tas kamera di bagian kaki, ruang yang tersedia cukup lega sehingga tidak mengganggu ruang gerak.

Kursi belakang cukup akomodatif untuk tiga orang dewasa. Bagian bagasi pun cukup luas untuk mengakomodasi barang bawaan seperti koper-koper besar. Nah, untuk kebutuhan orang tua terdapat pegangan di setiap pintu geser belakang sehingga tidak perlu khawatir jatuh.

Desain dashboardnya pun unik. Simpel, tapi elegan dilengkapi dengan sistem navigasi dan infotainment seperti radio, CD, USB. Transmisinya terletak miring di bagian tengah dashboard yang menyambung dengan bagian konsol tengah. Dan tentu saja tak lupa meteran taksinya.

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Hujan Deras Bikin Kejurnas Reli Medan Berlangsung Menegangkan

MEDAN, 18 November 2018 – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2018 putaran kedua yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/11)...

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...