Beranda New Cars McLaren Speedtail Lahir, Hypercar Penantang Bugatti Chiron

McLaren Speedtail Lahir, Hypercar Penantang Bugatti Chiron

WOKING, 27 Oktober 2018 – Ini dia hypercar baru dan eksklusif dari McLaren Automotive, yakni McLaren Speedtail, yang menjadi mobil terkencang yang pernah diproduksi pabrikan Inggris ini. Speedtail menjadi rival baru bagi Bugatti Chiron sebagai penguasa lintasan lurus.

Dihadirkan sebagai perwakilan terbaru dari lini Ultimate Series, Speedtail menjadi interpretasi modern dari supercar legendaries McLaren F1. Klaim McLaren, mobil ini akan mampu menembus kecepatan 403 km/jam dengan akselerasi gila.

Meski belum merilis informasi terkait spesifikasi teknis, namun McLaren mengungkap bahwa Speedtail menggabungkan performa mesin bensin dan motor listrik yang memiliki total tenaga 1.036 hp. Untuk akselerasi 0-300 km/jam, Speedtail mampu menempuhnya 0,3 detik lebih singkat dari Chiron, yaitu dengan waktu 12,8 detik.

Selain berkat powertrain hybrid tadi, performa tersebut juga memanfaatkan desain body yang sangat streamline, untuk meraih daya hambat sekecil mungkin. Paling menonjol dari Speedtail adalah bagian buritan yang dirancang seperti ekor panjang, dengan active aero flap kecil yang tidak terputus dengan body.

McLaren bahkan menyembunyikan air scoop ke mesin di balik kanopi kaca yang memanjang dari depan sampai engine cover, untuk memastikan aliran udara tidak terinterupsi sama sekali. Tidak sampai di situ, spion samping berupa kamera juga tersimpan di balik panel pintu dan velg depan diberikan cover demi mereduksi turbulensi di kecepatan tinggi.

Karena menjadi penerus dari F1, maka Speedtail memiliki kokpit dengan konfigurasi tempat duduk untuk tiga orang, di mana pengemudi berada di depan dan tepat di tengah kokpit. Pintu dehidral tidak ketinggalan tetap menjadi khas McLaren, dengan potongan garis di kaca samping yang mengingatkan pada F1.

Masuk ke dalam kokpit, tidak ada lagi instrumen analog pada Speedtail, yang didominasi oleh lima buah layar digital yang berfungsi sebagai panel instrumen, pengatur infotainment dan AC, lalu display spion samping. Selain pintu yang bisa dioperasikan elektrik, tombol starter dan transmisi kini ditempatkan di balik atap.

Hanya 106 unit Speedtail akan diproduksi McLaren secara eksklusif, disertai personalisasi tanpa batas untuk memastikan tidak ada dua unit yang sama persis. Selain harus pernah memiliki F1 sebelumnya, Speedtail bisa dimiliki dengan harga mulai £ 1,75 juta atau sekitar Rp 341 miliar.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

FEATURE: Mazda Skyactiv-X, The Last Sanctuary

INTERNAL combustion engine atau mesin pembakaran internal telah dituding menjadi biang kerok sejumlah permasalahan lingkungan, mulai dari pencemaran udara hingga...

Peugeot 508, Transformed

YUP, ini memang Peugeot 508 terbaru. Sedan flagship dari pabrikan asal Prancis tersebut akan menggantikan model sebelumnya yang sudah terlihat...

Nikmati Free Trade Zone, Dealer Mazda Batam Jual Mobil Lebih Murah

BATAM, 19 November 2018 -- PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meresmikan dealer terbaru Mazda, PT Majesty Auto Dinamika di Pulau...

Hujan Deras Bikin Kejurnas Reli Medan Berlangsung Menegangkan

MEDAN, 18 November 2018 – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Reli 2018 putaran kedua yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/11)...

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...