Beranda New Cars McLaren 720S GT3 Race Car Siap Mengaspal Tahun Depan

McLaren 720S GT3 Race Car Siap Mengaspal Tahun Depan

LONDON, 7 September 2018 — McLaren Automotive, divisi customer racing, akan memulai uji coba McLaren 720S GT3 di seluruh Eropa, Amerika dan Timur Tengah. McLaren 720S GT3 ini siap untuk memulai debutnya di tahun 2019 mendatang.

“Momen yang menarik bagi kami untuk melihat 720S GT3 memulai program pengembangan yang berbasis pada track yang kami yakini akan menyuguhkan first-class GT race car untuk customer kami,” ujar Mike Flewitt, McLaren Automotive Chief Executive Officer.

Sama seperti versi road car, 720S GT3 memiliki struktur chassis MonoCage II yang ringan namun sangat kuat berkat penggunaan serat karbon. Mesin M840T 4.0 liter twin-turbo V8 yang dirancang khusus untuk versi balap. Fokus pada teknik murni, sistem aerodinamis yang inovatif dan desain yang efisien membuat 720S road car jadi penantang terkuat dari McLaren untuk meraih penghargaan ajang balap GT3.

Pengerjaan desain dan pengembangan dikerjakan di McLaren Automotive, Woking, Surrey, Inggris, dimana semua mobil-mobil GT3 yang baruakan dirakit secara manual. Dua mobil development pertama telah memulai program test fisik baik di Atlantik maupun Timur Tengah pada akhir tahun.

Target pengembangan untuk 720S GT3 tidak hanya berfokus pada kecepatan dan stabilitas saja namun juga dalam membuat mobil yang dapat diakses oleh pengemudi dengan semua tingkat kemampuan.

Bekerja sama dengan partner ban, Pirelli, team teknisi McLaren GT race melakukan uji coba lebih dari 30.000 km, dengan berbagai macam test yang dijalankan selama 24 dan 36 jam telah diselesaikan oleh beberapa mobil Race Prototype (RP).

“720S GT3 merupakan mobil yang penting bagi McLaren Automotive. Masih memiliki kemampuan road car untuk memberikan performa yang ekstrem yang memungkinkan seluruh pengemudi dapat mengaksesnya, tetapi di saat yang bersamaan juga dibawa ke tingkat yang lebih tinggi, level balap,” kata Jolyon Nash, Executive Director of Global Sales and Marketing, McLaren Automotive.

Diumumkan di bulan November 2017, McLaren 720S GT3 race car sudah dijadwalkan untuk memulai debutnya di tahun 2019. Mobil ini akan bergabung dengan McLaren Sports Series 570S GT4 race car, yang telah berhasil merebut delapan gelar juara dalam musim debutnya pada tahun 2017, dan kini telah mencatat lebih dari 50 kemenangan di tangan tim customer secara global.

Meskipun secara instrinsik memiliki mesin yang berada di bagian tengah seperti layaknya McLaren 720S coupé, lebih dari 90% komponen sudah diganti atau dioptimalkan untuk versi GT3.

Aerodinamis yang inovatif dari 720S road car telah dikembangkan untuk memberikan stabilitas dan efisiensi aerodinamis yang lebih baik. Bobot yang ringan, serat karbon dan komposit body panel semuanya unik untuk 720S GT3, sementara bespoke splitter, floor assembly dan dive-planes yang membedakan bagian depan dan bagian ekor menghasilkan aerodinamis yang optimal dari spesifikasi rear wing GT3.

Mesin McLaren 720S GT3 adalah M840T 4.0-liter twin-turbo V8. Six-speed sequential paddle gearbox dilengkapi dengan electronic shift actuator baru untuk meningkatkan kecepatan, kegunaan dan akurasi. McLaren 720S GT3 menggunakan pedal box serta posisi setir yang dapat disesuaikan, sementara kamera belakang dan sistem radar dengan tampilan dasbor dan tyre pressure monitoring system (TPMS) tersedia sebagai opsi.

Seluruh kemudi 720S GT3 adalah setir kiri, kursi balap dengan bahan karbon-Kevlar dilengkapi dengan penyangga, sesuai dengan regulasi FIA 2019. Perlengkapan GT3 race sesuai stndar FIA, termasuk roll cage yang baru, kursi dengan sandaran kepala bersayap dan six-point harness, sistem ekstraksi atap dan busa di sisi samping.

McLaren 720S GT3 technical specification

Length: 4,664 mm
Width: 2,040 mm
Wheelbase: 2,696 mm
Overhang, Front / Rear 1,155 mm/ 813 mm
Axle body width: Front / Rear 2,040 mm/ 2,040 mm
Track, Front / Rear: ~1,745 mm/ ~1,716 mm
Engine: Motorsport-prepared M840T engine, 4.0-litre twin-turbo V8, 3,994cc
Transmissions: Six-speed sequential motorsport transmission
Chassis:  McLaren carbon fibre MonoCage II chassis
Drivetrain layout: Longitudinal mid-engined, RWD
Bodywork: Bespoke lightweight carbon fibre/composite body panels
Aerodynamics: Bespoke front splitter and floor assembly, dive planes, GT3-specification rear wing
Tyres: Pirelli racing tyres
Suspension: Adjustable dampers with coil-over springs, front and rear
Driver seat: Winged head-rest – FIA Approved
Driver harness: Six-point race harness
Rollcage: FIA approved
Fire extinguisher system: FIA approved
Air jack system: Standard

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...