Beranda Updates Mazda3 Gunakan Mesin 1.5 Liter Diesel

Mazda3 Gunakan Mesin 1.5 Liter Diesel

(Foto: Mazda)

LONDON, 26 November 2015 — Mazda mengumumkan penggunaan mesin diesel Skyactiv-D 1.5-liter pada musim panas 2014 lalu. Setelah digunakan pada Mazda2, kini mesin ini mulai dipasang pada crossover Mazda CX-3.

Diesel empat silinder ini tengah dikembangkan untuk pasar Amerika namun untuk pasar Eropa sudah mulai digunakan per 1 Desember mendatang. Mazda3 sedan dan hatchback di Inggris akan menggunakan mesin 1.5-liter Skyactiv-D diesel.

Mesin ini menghasilkan tenaga 105 PS dan torsi 270 Nm. Mazda mengklaim mesin ini bisa menempuh 0-100 kpj dalam waktu 11 detik.

Beberapa teknologi diterapkan Mazda di mesin diesel ini. Sistem resirkulasi gas buangan dimodifikasi lewat penggunaan sistem knalpot baru, pengurangan panas, dan membatasi produksi NOx, injeksi high-dispersion, intercooler udara-ke-air, dan kompresi rasio 14,8:1.

Tidak ada keterangan apakah sudah menggunakan I-Eloop brake energy recovery system. Selain itu mesin ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Selain mesin 1.5 diesel, Mazda3 juga memiliki mesin 2.2 liter Skyactiv-D.

RAJU FEBRIAN