Beranda Updates Mazda Skyactive-G dan Skyactiv-D Baru Dapat Pembaruan

Mazda Skyactive-G dan Skyactiv-D Baru Dapat Pembaruan

SAPPORO, 6 Maret 2018 Mazda Motor Corporation (MMC) menjelaskan teknologi terbaru pada Mazda ASEAN Media Forum 2018 Winter yang diikuti Carvaganza. Teknologi tersebut adalah SkyActiv-G (mesin bensin) dan SkyActiv-D (mesin diesel) yang telah dikembangkan.

Koji Mizuguchi, Staff Manager Product Division MMC, mengatakan bahwa kedua teknologi tersebut akan digunakan pada line-up Mazda yang dilansir 2018. Model-model yang disematkan teknologi itu adalah Mazda CX-5, Mazda6, Mazda3, Mazda CX-3, dan bahkan Mazda2.

SkyActiv-G yang telah dikembangkan berlaku untuk mobil-mobil Mazda dengan mesin bensin 2.0 liter dan 2.5 liter. Dapur pacu ini memiliki rasio kompresi 14:1, tertinggi di dunia, sehingga sangat irit bahan bakar. Mazda mengklaim efisiensi bahan bakar lebih baik 15%. Selain itu, torsi dalam putaran mesin rendah dan menengah juga meningkat 15%.

Baca Juga:  CX-3 Jadi Favorit Pengunjung Booth Mazda di The 2nd Indonesia Autovaganza

Menariknya, khusus untuk mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.5 liter, Mazda melengkapinya dengan teknologi yang memungkinkan dua silindernya (silinder pertama dan keempat) secara otomatis tidak aktif saat tak dibutuhkan demi meningkatkan efisiensi bahan bakar dan pengaturan suhu mesin.

Sementara itu, SkyActiv-D dengan teknologi terbaru berlaku untuk semua mobil-mobil Mazda bermesin diesel. Pada mesin ini, Mazda menggunakan pipa injeksi yang lebih kecil sehingga partikel-partikel bahan bakar yang keluar juga lebih kecil.

Partikel-partikel yang lebih halus tersebut membuatnya lebih mudah terbakar. Akibatnya, torsi . meningkat di putaran mesin rendah dan menengan, serta lebih efisien bahan bakar. Mazda juga mengklaim suara mesin yang lebih halus.

Baca Juga:  Mazda Pastikan Dua Mobil Baru Meluncur di GIIAS 2018

MIRAH PERTIWI