Beranda Updates Mazda i-Activ AWD Bekerja 200 Kali Per Detik

Mazda i-Activ AWD Bekerja 200 Kali Per Detik

(Foto: Mazda)

SAPPORO, 7 Maret 2018 – Berbagai teknologi baru diungkapkan Mazda Motor Corporation (MMC) pada program Mazda ASEAN Media Forum 2018 Winter. Sebagai bagian dari program pengembangan teknologi tahunan, Mazda memperkenalkan teknologi terbaru generasi 6,5. Salah satunya adalah i-Activ AWD.

Teknologi i-Activ AWD merupakan sistem yang mengatur distribusi torsi ke roda depan dan belakang sesuai kebutuhan. Besarnya tergantung dari roda mana yang membutuhkan traksi lebih banyak. Roda depan bisa mendapatkan torsi maksimal 99%, sedangkan roda belakang maksimal 50%.

Sistem i-Activ AWD mendapat input dari 27 sinyal/sensor untuk mendeteksi kondisi jalan. Di antaranya adalah frekuensi wiper, temperature di luar, besarnya akselerasi, posisi pedal gas, sudut setir, kecepatan masing-masing ban, torsi mesin dan banyak lagi.

Sebagai catatan, mereka hanya menggunakan sinyal/sensor yang sudah ada sebelumnya. Jadi tak perlu menambah sensor lagi agar teknologi ini berfungsi dengan baik.

Sistem i-Activ AWD tak pernah berhenti bekerja. Ke-27 sensor itu terus membaca kondisi jalan, input pengemudi dan kondisi jalan. Berdasarkan itu, sistem tersebut melakukan penyesuaian. Tak tanggung-tanggung, 200 kali per detik!

Yasushi Yagi, Assistant Manager Drive Train Development Department MMC, menjelaskan, “i-Activ AWD membuat roda depan dan belakang mendapatkan torsi secara presisi, tak ada mechanical loss.”

i-Activ AWD merupakan fitur standar untuk semua mobil Mazda yang menggunakan penggerak all-wheel drive. Teknologi ini tak hanya membuat mobil lebih aman bagi penumpang, tapi juga memberikan percaya diri bagi pengemudi dalam mengendalikan mobilnya di segala kondisi, bahkan salju sekali pun. Sesuai dengan prinsip Mazda, Zoom-Zoom.

MIRAH PERTIWI