Beranda Updates Mau Mudik, Coba Cek Pemakaian Oli Mobil Anda

Mau Mudik, Coba Cek Pemakaian Oli Mobil Anda

JAKARTA, 12 Juni 2018 – Jika Anda secara rutin melakukan servis ke bengkel resmi, kendaraan Anda secara rutin mendapatkan pemeriksaan berkala oleh ‘tim kesehatan’ di bengkel. Biasanya, untuk servis rutin adalah jika pemakaian Anda sudah mencapai kelipatan setiap 10.000 km atau enam bulan, mana yang lebih dulu.

Namun, bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan ingin mudik menggunakan kendaraan, coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda ganti oli. Atau tinggal lihat kartu servis yang biasanya digantung di tuas wiper di samping kiri setir.

Jika pemakaian oli lama Anda sudah mencapai 6000 km, kami menyarankan untuk melakukan penggantian oli apalagi jika mobil untuk dipakai perjalanan cukup jauh. Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur, mengungkapkan bahwa secara ideal memang penggantian oli adalah setiap 10.000 km sekali atau enam bulan namun untuk konsumen yang sebagian besar menggunakan kendaraannya di kota-kota besar yang macet seperti di Jakarta disarankan untuk mengganti setiap 6.000 km.

“Pasalnya, meskipun pada kondisi mobil tidak jalan, mesin kan tetap bekerja nah dengan bekerjanya mesin maka pelumasan juga bekerja. Jadi kilometer tidak bisa dijadikan patokan sehingga kita harus bisa mengira-ngira berapa kilometer yang mesti dispare karena mesin kerja tadi. Kami dari pihak bengkel menyarankan agar setiap 6000 km mobil diservis,” ujar Eko.

Nah, bagi para pemudik yang mobilnya sudah waktunya diservis atau ganti oli, bawa mobilnya ke bengkel resmi agar mudik Anda berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

EKA ZULKARNAIN