Beranda Updates Makin Santer, Toyota Corolla Baru Gunakan Mesin BMW

Makin Santer, Toyota Corolla Baru Gunakan Mesin BMW

TOKYO, 26 Desember 2016 – Kabar mengenai rencana Toyota Corolla baru mendapat pasokan mesin dari BMW kian santer. Setelah indianautoblogs.com, kini giliran Motor1 menulis jika Corolla generasi terbaru akan mendapat mesin diesel milik BMW. Hal ini dimungkinkan karena kedua pabrikan sudah melakukan kerja sama sejak Desember 2011 lalu.

Dalam kesepakatan tersebut kedua pabrikan mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Dalam kerjasama itu termasuk BMW menyediakan mesin turbodiesel 1.5L dan 2.0L liter ke Toyota Motor Europe (TME) mulai 2014.

Hanya saja untuk Toyota Corolla belum diketahui mesin BMW yang mana yang akan digunakan. Namun sepertinya akan disematkan pada varian tertinggi. Rumors yang beredar menyebutkan kemungkinan tipe mesinnya adalah B37 1.5L tiga-silinder dan B47 2.0L empat-silinder.

Toyota Corolla itu nantinya akan menjadi generasi ke-12 yang menjadi model “all new” dan telah mengaplikasikan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Mesin yang digunakan antara lain 8NR-FTS 1.2L turbo empat-silinder, 2.0L Dual VVT-i empat-silinder, dan 1.8L VVT-i Atkindon empat-silinder yang digunakan di crossover C-HR.

Ini bukan kali pertama Toyota menggunakan mesin diesel milik BMW. Sebelumnya sudah ada Toyota Verso. Setelah itu juga ada Tooyota Avensis facelift yang menggunakan mesin 1.6L D4-D dan 2.0L D4-D.

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
BMW Pasok Mesin Generasi Baru Toyota Corolla Altis?