Beranda Updates Kia Niro EV, Crossover Listrik dengan Jarak Tempuh 380 Km

Kia Niro EV, Crossover Listrik dengan Jarak Tempuh 380 Km

JEJU, 7 Mei 2018 – Setelah lima bulan lalu tampil sebagai mobil konsep di Consumer Electronics Show (CES), Kia Niro EV akhirnya memulai debutnya dalam bentuk produksi di International Electric Vehicle Expo di Jeju, Korea Selatan. Crossover full electric atau listrik ini adalah sepupu dekat Hyundai Kona EV yang diresmikan diperkenalkan pada bulan Februari lalu.

Dari tampilan luar, versi EV ini bisa dibedakan dari model hybrid dan plug-in hybrid melalui grille blanked-out menggabungkan port pengisian, serta intake udara yang didesain ulang dengan lampu hijau dan lampu LED daytime running lights berbentuk panah. Sorotan hijau memanjang ke bumper belakang, sementara side skirt sporty dan velg 17 inci baru melengkapi tampilan mobil ini.

Kia belum mengeluarkan informasi terkait angka output untuk EV, tetapi seperti Kona EV mobil ini memiliki beberapa bervariasi tergantung pada ukuran baterai. Untuk baterai 39,2 kWh mampu menjangkau jarak 240 km yang digabungkan dengan motor listrik 99 kW (135 PS), sedangkan versi 64 kWh memiliki daya tempuh hingga 380 km. Model ini menggunakan motor 150 kW (204 PS).

Fitur keselamatan, EV ini mempertahankan semua fitur dari model Niro lainnya, termasuk frontal collision avoidance assist (FCA), lane keeping assist (LKA), smart cruise control (SCC), driver attention warning (DAW) dan back sollision warning (BCW).

Kia mengatakan bahwa Niro EV mendapat sambutan cukup baik dari konsumen di Korea. Mereka mengumumkan telah menerims SPK 5.000 unit dalam tiga hari sejak pesanan dibuka pada bulan Februari lalu. Kia menjual 23.647 unit Niro hybrid dan plug-in hybrid tahun lalu.

RAJU FEBRIAN