Beranda EDITOR'S PICKS Kendaraan Tetap Terlihat Kinclong Berkat Nano Coating

Kendaraan Tetap Terlihat Kinclong Berkat Nano Coating

JAKARTA, 22 Agustus 2018 — Semua orang tentu ingin mobil atau motornya tetap seperti baru meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. Namun, kondisi cuaca, polusi udara dan kualitas air sering kali menjadi faktor utama penyebab cat mobil atau motor jadi cepat kusam.

Dulu, cara paling efektif untuk mempertahankan kondisi cat mobil agar selalu terlihat mengkilap dan segar adalah dengan membawanya ke salon-salon mobil. Namun, belakangan metode ini dianggap mulai tidak efisien, karena hasil polesan mobil tidak bertahan lama. Dan dalam kasus tertentu, penggunaan zat kimia dan cara kerja yang salah justru membuat kualitas cat mobil memburuk.

Selain itu, kebanyakan salon-salon mobil juga hanya menghilangkan jamur serta memoles bagian kendaraan yang terlihat secara kasat mata, terutama panel bodi dan kaca. Bagian-bagian bodi kendaraan yang agak tersembunyi sering kali luput dari polesan, hingga mobil terkadang terlihat “belang”.

Ketidakpuasan konsumen itulah yang kini ditangkap menjadi peluang bisnis baru yakni jasa detailing dan coating. “Poles mobil di salon-salon mobil itu berbeda dengan detailing dan coating,” ungkap Erwin Lugito, punggawa Elpro Detailing di kawasan BSD City kepada Carvaganza.

Sesuai dengan istilahnya, jasa detailing memang melakukan pekerjaan membersihkan jamur dan kotoran di permukaan bodi kendaraan secara mendetail hingga ke tempat-tempat yang sulit dijangkau tangan manusia. Itu sebabnya, jasa detailing membutuhkan waktu yang relatif lebih lama karena harus melepas bagian-bagian tertentu dari bodi kendaraan untuk dibersihkan secara seksama.

Nah, agar hasil pembersihan dan pemolesan ulang itu bertahan lama, maka kini ada teknologi nano coating. Teknologi ini berfungsi untuk melindungi permukaan bodi mobil atau motor dengan lapisan bening khusus agar terhindar dari baret-baret halus atau proses oksidasi yang menyebabkan tumbuhnya jamur di permukaan cat.

Menurut Erwin, untuk mencapai hasil maksimal, setidaknya dibutuhkan empat tahap pengerjaan. Pertama, seluruh bagian mobil yang hendak dilapisi dengan nano coating harus lebih dulu dibersihkan dari jamur. Setelah itu, semua panel bodi tersebut dipoles hingga mengkilap, lalu dilakukan tahap paint correction atau perbaikan cat. Kemudian, proses pembersihan detailing kembali dilakukan, sebelum akhirnya dilapisi dengan nano coating.

Di bengkel Elpro Detailing milik Erwin, semua proses itu dilakukan secara manual oleh tenaga-tenaga terampil yang terlatih. Erwin mengaku menghindari untuk menggunakan terlalu banyak bahan kimia pada saat pembersihan. “Dari awal, untuk merontokkan kotoran dan jamur kami menggunakan proses penguapan dengan mesin khusus. Kalau jamur dan kotorannya bandel baru memakai cairan kimia khusus yang tetap aman bagi cat mobil,” ungkapnya.

Proses melapisi dengan nano coating sendiri dilakukan dengan dua cara. Untuk panel yang luas dan terbuka, nano coating diaplikasikan secara menyemprot layaknya mengecat mobil. Namun di bagian-bagian khusus yang sulit dijangkau alat semprot, dilakukan melalui sistem poles atau usap.

Bahan nano coating buatan Jerman yang digunakan Erwin diklaim aman dan dapat menempel di segala jenis permukaan. Baik itu metal, plastik hingga karet.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses detailing dan nano coating adalah 4 hari utk mobil dan 2 hari untuk sepeda motor.

Menurut dia, hasil nano coating yang ia lakukan bisa bertahan sangat lama bahkan sejmur hidup asalkan pemilik mobil bersedia mengikuti beberapa langkah pemeliharaan. Misalnya, dengan menghindari kendaraan diparkir terlalu lama di bawah terik matahari, juga melakukan pemeriksaan ke bengkel detailing dan coating  setiap 6 bulan.

“Ingat, mobil atau motor yang sudah dicoating tidak boleh dipoles dengan wax seperti di salon-salon mobil. Perawatan nano coating kami lakukan dengan metode premium carwash tanpa pemolesan, namun tetap bisa menghilangkan jamur atau percikan aspal di bagian bodi kendaraan,” kata Erwin.

Biaya detailing dan nano coating yang diberlakukan di Elpro beragam sesuai ukuran kendaraan. Untuk sepeda motor, biayanya dimulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk mobil, biayanya dimulai dari angka Rp 4,5 juta hingga Rp 9 juta.

Alamat Elpro Detailing:

Bursa Mobil BSD Blok C/2, BSD City, Serpong, Tangerang

WA 0813 712 86 888.

RAJU FEBRIAN