Beranda Updates Ini Tiga Perempuan Perkasa yang Jadi Ikon Jogjakarta Truck Festival 2018

Ini Tiga Perempuan Perkasa yang Jadi Ikon Jogjakarta Truck Festival 2018

(ki-ka) Tiga ‘Lady Driver’ Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatera Selatan, dan Imahwati dari Semarang.

JOGJAKARTA, 9 September 2018 – Sopir truk identik dengan pekerjaan yang keras dan didominasi pria. Siapa bilang demikian? Di Jogjakarta Truck Festival 2018, ada tiga pengemudi truk perempuan. Mereka menjadi ikon kontes modifikasi truk Jogjakarta Truck Festival 2018 yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, 7-9 September 2018.

Ketiga ‘Lady Driver’ ini adalah Syarifah Firdausi alias Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatera Selatan, dan Imahwati asal Semarang, Jawa Tengah.

Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno, Ketua Penyelenggara JTF 2018 mengatakan kehadiran ketiganya menjadi salah satu daya tarik JTF 2018. “Mereka membuktikan jika perempuan perkasa itu benar adanya. Mereka mampu melakukan pekerjaan ini, membawa truk sendiri, mengganti ban sendiri jika bocor,” katanya.

Syarifah Firdausi Umi Syarifah, 39 tahun, mengatakan ia sudah menjadi mengemudikan truk sejak 2005 namun baru menjalani profesi sebagai pengemudi truk sejak 10 tahun lalu. Perempuan berhijab ini mengatakan ia terpaksa menjalani profesi itu untuk menghidupi 8 anaknya sejak berpisah dengan suaminya sejak beberapa tahun lalu.

“Saya belajar mengemudi truk secara otodidak. Kebetulan memang hobi otomotif,” katanya. Saat ini ia menggunakan Mitsubishi Colt Diesel dump truck untuk membawa material. Ia juga kerap mendapat tambahan proyek untuk mengangkut material pengaspalan jalan di Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Umi Syarifah mengayakan rute yang ia tempuh dari Jember yakni seperti ke Semarang juga Madura. Ia juga mengatakan selama ini selalu membawa truk seorang diri tanpa bantuan kernet. “Semua dijalani dengan ikhlas,” katanya.

Perempuan perkasa lainnya adalah Rukhayati yang asal Baturaja. Setelah ditinggal suaminya, Rukhayati mulai mengemudikan truk hingga ke Lampung. Wanita kelahiran Ulak Agung Ulu 23 April 1997 ini biasa mengemudikan truk Ragasa 120 PS. Sedangkan Imahwati asal Semarang mengatakan sudah menjadi sopir truk selama beberapa tahun.

Ia mengatakan meski capek namun profesi ini terus dilakoninya untuk menghidupi keluarga. “Kalau capek ya tinggal ngopi atau tidur aja, Mas,” katanya.

Iwan Fals, brand ambassador Mitsubishi Fuso mengaku kagum dengan ketiga Lady Driver ini. “Mereka benar-benar perkasa. Mampu melakukan pekerjaan yang berat yang biasanya dilakoni pria,” kata Iwan Fals.

Ketiganya hadir di JTF 2018 untuk memeriahkan acara JTF 2018. Kontes modifikasi Jogja Truck Festival 2018 mengangkat tema ‘Panorama Indonesia’ menghadirkan peserta 140 truk dan 35 pick up serta 30 unit miniatur truk. Event ini diikuti peserta hadir dari Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Lampung, Jambi, Jepara, Cirebon, Jember, Malang, Solo, Kudus, Bali, Lombok, Mojokerto, Blitar dan Yogyakarta serta Wonogiri.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar



latest updates

Beli Honda di 2XU Compression Run Indonesia, Dapat Voucher Rp 5 Juta

JAKARTA, 21 November 2018 – PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali berpartisipasi dalam acara 2XU Compression Run Indonesia 2018 yang akan...

Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

PARIS, 21 November 2018 – Buntut dari penangkapan Carlos Ghosn atas kasus penggelapan penghasilannya kini semakin meluas, bahkan hingga ke...

Mercedes-AMG GT Paling Kencang Segera Meluncur

STUTTGART, 21 November 2018 – Deretan varian untuk Mercedes-AMG GT akan bertambah dalam waktu dekat ini, saat Mercedes-Benz meramaikan Los...

BMW M2 Competition Beri ‘Kode’ akan Segera Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 21 November 2018 – Bagi penyuka mobil kencang di Indonesia, dalam waktu dekat akan hadir pilihan baru dari BMW....

PPMKI Rayakan HUT ke-39, Gelar Touring dan Kumpulkan Donasi

DENPASAR, 21 November 2018 – Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) tahun ini merayakan ulang tahun ke-39. Merayakan hari jadinya,...