Beranda Updates Ini Loh Perubahan-Perubahan di Balapan F1 Musim 2018 (BAG. 2)

Ini Loh Perubahan-Perubahan di Balapan F1 Musim 2018 (BAG. 2)

Sumber foto: www.carmagazine.co.uk

JAKARTA, 21 Maret 2018 — Banyak perubahan yang terjadi di ajang balapan Formula 1 musim 2018. Setelah perubahan tim, pembalap, dan jadwal yang kami tulis di bagian pertama, kini kami akan menulis beberapa perubahan lain.

Beberapa perubahan penting terjadi di bagian regulasi atau aturan. Pada musim 2018 ini, F1 bakal digelar 21 putaran dari tanggal 22 Maret 2018 di Melbourne sampai Abu Dhabi di bulan November mendatang. Akan ada banyak aturan baru yang disebut akan membuat balapan lebih menarik bagi penonton tapi juga sekaligus aman bagi pembalap. Apa saja perubahannya?

PERUBAHAN REGULASI

Setelah melakukan revolusi regulasi pada musim 2017, di mana salah satu efeknya membuat mobil F1 terlihat lebih lebar dan lebih kencang, musim 2018 tidak banyak mengalami perubahan. Tapi bukan berarti perubahannya tidak penting, lumayan signifikan sebenarnya.

Regulasi teknik
1. T-wings dan sirip cover mesin mirip ikan hiu dilarang
2. Setiap mobil wajib memakai kokpit Halo untuk melindungi pembalap.
3. Sistem suspensi yang dapat menghalangi performa aerodinamika mobil dilarang.

T-wing dan cover mesin model sirip ikan hiu

Regulasi Sport
1. Power unit (mesin)
Setiap pembalap hanya diperkenankan memakai tiga power unit per musim, bukan lagi empat.

2. Grid Penalty
Hukuman turun grid untuk penggantian power unit tidak lagi sekejam musim kemarin. Musim 2017 banyak yang mengeritik karena sistem grid penalty menyebabkan banyak pembalap yang start jauh di belakang posisi kualifikasinya. FIA merevisi hal tersebut. Jadi kalau dalam balapan ada pembalap yang mengganti komponen power unit,mereka tetap akan mendapatkan grid penalty turun lima atau 10 posisi tergantung pada komponen yang diganti; tapi kalau mereka harus mengganti komponen kedua, maka mereka akan dimundurkan ke grid start belakang. Kalau banyak pembalap yang posisi startnya dipindahkan ke grid belakang, posisi startnya akan ditentukan sesuai dengan komponen yang diganti berdasarkan penggantian komponen yang terbaru yang diakukan oleh pembalap.

3. Memperbanyak pilihan kompon ban kering
Pada musim 2017, suplier ban Pirelli memberikan tiga pilihan kompon ban kering kepada setiap tim dalam setiap balapan. Memasuki 2018, pilihan untuk tiga ban kompon kering tersebut diperbanyak menjadi hypersoft dengan warna pink dan superhard dengan warna oranye.

Jadi secara total bakal ada tujuh kompon ban slick dari yang tadinya lima dan semuanya akan lebih lembut dibandingkan 2017 sehingga bakal menjadi ban F1 terkencang dalam sejarah balapan ini.

Sumber foto: www.formula1.com

4. Wewenang race steward diperluas
Memberikan wewenang kepada race steward untuk mengeluarkan penalty jika ada pembalap yang start balapannya tidak pantas sekalipun alat deteksi otomatis tidak mendeteksi tindakan pembalap tersebut melanggar.

5. Memajukan jam start balapan
Jadwal grand prix weekend akan berubah di mana waktu untuk start balapan di wilayah Eropa pada umumnya akan dimajukan satu jam sehingga bisa ditonton oleh audiens TV di wilayah lain agar tidak terlalu malam.

7. Uji coba
Uji coba pertengahan musim yang tadinya dijadwalkan di Bahrain akan dipindahkan ke Barcelona, Spanyol.

EKA ZULKARNAIN

Last Update

Oli Resmi Toyota Raih Penghargaan Desain

JAKARTA, 18 Juli 2018 – Desain grafis dan kemasan TMO Engine Oil, yang merupakan salah satu dari Toyota Genuine Parts, berhasil...

BOSCH Indonesia Kenalkan Klakson Keong Berbahan Anti Pecah

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- BOSCH Indonesia menghadirkan klakson baru khusus roda empat tapi juga bisa digunakan oleh sepeda motor....

Kia Grand Sedona Diesel Mengaspal di Indonesia, Tidak Sampai Rp 600 Juta

JAKARTA, 18 Juli 2018 - Dua tahun setelah meluncurkan Kia Grand Sedona ke pasar Indonesia, kini giliran PT Kia Morning...

Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Naik Lagi Mulai Agustus

JAKARTA, 18 Juli 2018 -- Mitsubishi bersiap menaikkan harga jual MPV Mitsubishi Xpander dan SUV Pajero Sport mulai 1 Agustus...

‘Supercar’ Terbang Ini Solusi Aston Martin Kurangi Kemacetan

GAYDON, 18 Juli 2018 – Sukses mengukuhkan namanya sebagai pabrikan mobil kencang dan mewah, Aston Martin tampaknya sedang melihat peluang...