Beranda New Cars Ini Daftar Mobil Baru yang Siap Meluncur di GIIAS 2018

Ini Daftar Mobil Baru yang Siap Meluncur di GIIAS 2018

JAKARTA, 30 Juli 2018 – Pekan depan, tepatnya mulai hari Kamis, 2 Agustus 2018, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan berlangsung yang menjadi pameran otomotif kelas dunia di Tanah Air. Pada kesempatan tersebut, banyak mobil-mobil baru akan hadir menyapa masyarakat Indonesia.

Dalam konferensi pers Gaikindo maupun panitia penyelenggara mengatakan setidaknya sebanyak 40 mobil baru, baik konsep maupun produksi dijanjikan akan unjuk diri di GIIAS 2018. Bahkan, beberapa di antaranya disebut akan melakoni debut dunia atau world premiere.

Beberapa agen pemegang merek (APM) sudah mengungkapkan apa saja mobil baru yang menjadi andalan mereka di GIIAS 2018 mendatang. Tapi sebagian lagi masih menyimpan rahasia. Berikut daftar mobil baru yang dihimpun Carvaganza:

Audi A8 L

AUDI

Pabrikan Jerman yang diwakili oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai agen pemegang tunggalnya, memastikan akan meluncurkan dua model baru yakni Audi A8 L dan RS5 Coupe.

Audi RS5 Coupe sudah meluncur di Geneva Motor Show 2017 lalu, sebagai rival dari Mercedes-AMG C63 dan BMW M4. Hadirnya RS5 Coupe melengkapi line up produk Audi di Indonesia dengan model high performance.

Sementara A8 L adalah model terbaru dari sedan flagship lansiran Audi, yang bermain di kelas Mercedes-Benz S-Class dan BMW Seri 7. Spesifikasi selengkapnya baru akan terungkap saat peluncuran di GIIAS 2018.

BMW i8 Roadster

BMW

Setelah meluncurkan BMW Seri 5 Touring dan Seri 6 Gran Turismo, BMW Group Indonesia berencana meluncurkan BMW i8 Roadster untuk meramaikan GIIAS 2018. Mobil ini adalah versi atap lipat dari plug-in hybrid sportscar i8, yang telah diluncurkan di Indonesia pada 2016 lalu.

Informasi lainnya, BMW akan menampilkan calon model SUV 7-seater pertamanya, yakni X7 Concept. Selain itu, kabarnya generasi terbaru BMW M5 juga akan meluncur di pameran ini.

GIIAS 2018 sendiri akan menjadi debut public untuk dua model terbaru BMW di Indonesia, yakni Seri 5 Touring dan Seri 6 Gran Turismo.

CHEVROLET

Tidak banyak informasi yang tersedia soal PT General Motors Indonesia, apalagi sepanjang tahun ini Chevrolet tidak membuat banyak kegiatan media. Apalagi, saat konferensi pers pra-GIIAS 2018, Chevrolet tidak hadir dan memaparkan programnya untuk pameran tahunan ini.

Satu-satunya pabrikan Amerika Serikat di Indonesia saat ini, tidak menunjukkan tanda-tanda akan merilis produk baru. Pada tahun lalu, Chevrolet cukup agresif bermain di segmen SUV dengan meluncurkan tiga mode Chevrolet Trailblazer, Trax dan Colorado.

Daihatsu All New Terios

DAIHATSU

Tidak secara spesifik PT Astra Daihatsu Motor mengungkap informas soal mobil baru yang akan dibawa untuk GIIAS 2018. Namun, Daihatsu memastikan akan memamerkan 1 unit mobil konsep, 3 unit mobil special edition, 2 unit mobil Japan model, serta 2 unit mobil dari R&D Corner.

Secara total, Daihatsu akan menampilkan 14 unit mobil di booth pamerannya di GIIAS 2018.

DATSUN

Sama seperti Chevrolet, Datsun tidak menunjukkan tanda-tanda akan meluncurkan produk baru di GIIAS 2018. Terlebih dengan PT Nissan Motor Indonesia sebagai induknya hanya memaparkan program untuk Nissan saat konferensi pers pra-GIIAS 2018 lalu.

Tahun ini Datsun telah meluncurkan dua model baru, yakni crossover Datsun CROSS, serta GO dan GO+ facelift yang mendapatkan transmisi CVT.

DFSK Glory 580

DFSK

Setelah kehadiran perdananya di GIIAS tahun lalu, kali ini PT Sokonindo Automobile akan menampilkan booth DFSK di sisi hall kendaraan penumpang. Tentunya, DFSK Glory 580 akan menjadi bintang utama mereka pada GIIAS 2018.

Glory 580 telah resmi meluncur di Indonesia tahun ini, sebagai pilihan baru SUV 7-seater dengan pilihan mesin 1.5 liter turbo dan 1.8 liter.

HONDA

PT Honda Prospect Motor masih merahasiakan mobil baru yang akan dibawa pada GIIAS 2018, dengan hanya menyebut aka nada world premiere satu mobil. Tidak disebutkan pula apakah mobil tersebut menjadi model produksi atau berupa konsep.

Prediksi paling mungkin, Honda akan meluncurkan versi produksi dari Small RS Concept dari IIMS 2018 lalu, sebagai generasi baru dari Honda Brio.

HYUNDAI

Dua model baru dipastikan akan meluncur dari PT Hyundai Mobil Indonesia saat GIIAS 2018. Salah satu yang sudah terungkap adalah New Hyundai H-1 yang beberapa waktu lalu pernah diperkenalkan kepada media.

Sementara satu model lainnya disebut berjenis SUV, yang kemudian disusul dengan bocoran penampakan All New Hyundai Santa Fe di Indonesia. Benar atau tidak, hanya bisa dibuktikan saat GIIAs berlangsung nanti.

LEXUS

Setidaknya akan ada tiga model baru yang akan dipamerkan oleh Lexus Indonesia untuk GIIAS 2018, terbagi dengan 2 model tampil perdana di Asia dan Asia Tenggara, sementara satu lainnya adalah sebuah model konsep.

Tidak disebutkan secara spesifik dua model baru untuk debut di wilayah Asia dan Asia Tenggara tadi, sementara untuk model konsep disebutkan adalah sebuah mobil dengan teknologi autonomous. Selain itu, Lexus juga tetap memamerkan 5 model line up reguler di Indonesia saat ini.

Mazda CX-3

MAZDA

Mazda Indonesia yang diwakili oleh PT Eurokars Motor Indonesia memastikan akan meluncurkan dua produk baru Mazda untuk pasar Indonesia. Tidak disebutkan pula apa nama model baru yang akan diluncurkan tersebut.

Namun dari informasi yang Carvaganza terima, dua model baru tersebut adalah Mazda CX-3 versi facelift, serta Mazda6 facelift. Keduanya hadir dengan minor change pada penampilan dan penambahan fitur yang semakin lengkap.

Mercedes-Benz GLA 2018

MERCEDS-BENZ

Tampil berbeda tahun ini karena statusnya yang tidak lagi anggota GAIKINDO, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia tetap menunjukkan komitmennya sebagai pemimpin kelas premium di GIIAS 2018. Meski begitu, belum ada informasi soal produk baru untuk diluncurkan pada kesempatan ini.

Mercedes-Benz hanya menyebut akan menampilkan sebanyak 11 mobil di booth mereka, menonjolkan barisan model SUV yang telah cukup sukses merebut minat masyarakat Indonesia.

MINI

Merek Inggris yang berada di bawah naungan BMW Group Indonesia kurang terdengar gaungnya sepanjang tahun 2018 ini. Pun jika melihat line up produk baru di pasar global, tidak ada model yang benar-benar baru dari Mini sejak meluncurnya generasi terbaru Mini Countryman.

Namun informasi yang didapatkan tim redaksi Carvaganza, mengatakan Mini akan meluncurkan versi LCI (Life Cycle Impulse) atau facelift untuk seluruh model yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Mitsubishi e-Evolution Concept

MITSUBISHI

Momentum kehebohan Mitsubishi Xpander pada tahun lalu akan dilanjutkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, dengan menyiapkan varian baru untuk MPV Mitsubishi Xpander di GIIAS 2018. Tahun lalu, Xpander sukses menjadi bintang utama dan paling mencuri perhatian para pengunjung.

Selain varian baru Xpander, Mitsubishi juga akan membawa sebuah model konsep dengan nama Evolution. Bukan penerus dari Lancer Evo, tapi yang dibawa adalah konsep crossover bertenaga listrik bernama Mitsubishi e-Evolution.

Konsep e-Evolution pertama kali muncul di depan publik saat Tokyo Motor Show 2017.

NISSAN

Tidak lama setelah debut wilayah Asia Tenggara di bulan Mei lalu, PT Nissan Motor Indonesia akan langsung memboyong Nissan Terra ke Indonesia di GIIAS 2018. Nissan bahkan telah merilis teaser resmi Terra melalui website resminya.

Kehadiran Terra akan member warna dan pilihan baru bagi pecinta SUV ladder frame bermesin diesel, yang sebelumnya diramaikan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Selain Terra, Nissan juga kembali akan memperkenalkan serangkaian teknologi terbaru Nissan Intelligent Mobility pada produk-produknya.

SUZUKI

PT Suzuki Indomobil Sales juga menjadi salah satu peserta yang tidak terang-terangan mengumumkan akan meluncurkan mobil baru atau tidak di GIIAS 2018. Apalagi setelah melakukan world premiere untuk All New Suzuki Ertiga saat IIMS 2018 lalu.

Namun santer beredar isu kalau Suzuki Jimny terbaru yang belum lama meluncur di Jepang, akan dihadirkan di GIIAS 2018. Kemungkinan besar Jimny hanya akan dipamerkan, tanpa dijual.

Toyota Mirai FCEV

TOYOTA

Memanfaatkan GIIAS 2018, PT Toyota Astra Motor akan cukup agresif memperkenalkan serangkaian mobil canggih dan ramah linkungan yang futuristik untuk dipamerkan. Untuk mobil eco friendly, dipastikan adalah Toyota Prius terbaru akan hadir dengan varian PHEV dan HEV.

Selain Prius, akan hadir juga mobil ramah lingkungan lainnya yang terdiri dari C-HR Hybrid dan Mirai FCEV sebagai rangkaian dari Special Exhibition dari Toyota. Tidak ketinggalan, barisan kendaraan mungil sarana transportasi personal siap hadir melalui Toyota i-Series.

Toyota i-Series akan menampilkan line up yang terdiri dari i-Ride, i-Walk, dan i-concept sebagai konsep electric car dengan teknologi artificial intelligence (AI). GIIAS 2018 disebut menjadi debut Asia Tenggara untuk i-Series.

VOLKSWAGEN

Tidak seperti Audi, PT Garuda Mataram Motor tidak mengumumkan model baru untuk Volkswagen di GIIAS 2018. Yang jelas, Volkswagen tetap terdaftar dan akan hadir sebagai peserta GIIAS 2018.

Tahun lalu Volkswagen Tiguan terbaru meluncur di GIIAS, sementara di IIMS 2018 lalu diluncurkan Polo VRS.

WULING

Secara resmi, PT SGMW Motors Indonesia hanya mengumumkan akan memamerkan line up andalan mereka saat ini, yaitu Wuling Confero dan Wuling Cortez. Tetapi kabar tidak resmi beredar menyebut Wuling akan merilis produk ketiga mereka yang berupa SUV.

Mobil yang diisukan akan meluncur adalah Baojun 530 yang sejauh ini hanya dipasarkan di China. Jika benar, maka Wuling akan mengusik segmen Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, atau bahkan DFSK Glory 580.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...