Beranda Updates Hyundai Santa Fe 2019 Sudah Gunakan Transmisi Otomatis 8 Kecepatan

Hyundai Santa Fe 2019 Sudah Gunakan Transmisi Otomatis 8 Kecepatan

SEOUL, 24 Februari 2018 – Hyundai Santa Fe 2019 akhirnya diperkenalkan secara resmi di Goyang City, Seoul, Korea Selatan. Menurut Hyundai, model generasi keempat SUV ini diberikan mendapat serangkaian teknologi terbaru dan mulai diproduksi semester kedua 2018.

Tampilan Hyundai Santa Fe 2019 ini jauh berbeda dengan model sebelumnya. Hyundai menggunakan bahasa desain yang serupa dengan adiknya Hyundai Kona seperti penggunaan LED daytime running lights tipis – yang menjadi identitas baru Hyundai – dan Cascading Grille berukuran besar. Lampu utama dengan LED ditempatkan di bawah DRL.

Perbedaan lain Hyundai Santa Fe baru ini dengan model sebelumnya adalah garis bahu menonjol yang ditarik mulai dari lampu depan hingga lampu belakang. Bagian belakang Santa Fe kini diberikan sepasang lampu ‘two-piece‘ LED dengan grafik berbentuk-C.

Model generasi baru ini berukuran panjang 4,770 mm, lebar 1,890 mm dan jarak rodanya 2,765 mm. Dibandingkan dengan model sebelumnya, model baru ini 80 mm lebih panjang (4,690 mm), 10 mm lebih lebar (1,880 mm) serta jarak roda 75 mm lebih panjang (2,700 mm). Dengan demikian kabin Santa Fe baru ini lebih lapang.

Baca Juga:  Hyundai Bakal Luncurkan MPV dan SUV Baru di GIIAS 2018

Kabin

Kabin Hyundai Fe ini turut direka ulang dan memiliki elemen seperti Kona. Bagian dashboard dibuat bertingkat tiga, bersama layar tujuh-inci yang ditempatkan di bagian tengah, ventilasi udara tirus, dual-zone climate control, serta Qi wireless tray charging alias charger nirkabel di bagian bawahnya.

Menurut Hyundai, penggunaan cermin belakang yang 41% lebih besar membuat pandangan ke bagian belakang SUV ini menadi lebih baik. Jarak antar roda yang lebih panjang juga memberikan ruang kaki yang lebih besar untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Pada baris kedua, ruang lutut kini 28 mm lebih besar sementara tempat duduk 18 mm lebih tinggi. Ada fitur one-touch seat folding membuat bangku baris kedua mudah dilipat yang memudahkan penumpang baris ketiga keluar masuk.

Baca Juga:  New Hyundai H-1 Tampil Lebih Segar

Sistem hiburan mendapat peningkatan. Hyundai Santa Fe dibekali dengan sistem audio dari Inifinity berkekuatan 630-watt, dihubungkan dengan amplifier 11-channel bersama teknologi Surround QuantumLogic dan Clari-Fi serta 12-unit speaker.

Mesin

Hyundai menawarkan enam model mesin untuk Santa Fe generasi baru ini – empat bensin dan dua diesel. Untuk pasaran Korea, Santa Fe menerima mesin bensin 2.0 liter T-GDI tubro (232 hp) serta turbodiesel CRDi 2.0 liter dan 2.2 liter. Pilihan lain adalah 2.0 GDI, 2.4 MPI dan 3.3 MPI naturally-aspirated.

Kesemua pilihan mesin ini disandingkan dengan gearbox 8-kecepatan yang dibangun Hyundai. Pabrikan Korea ini mengatakan transmisi 8-kecepatan baru ini lebih ringan serta ekonomis. Ada empat mode berkendara yang disediakan yaitu Eco, Normal, Sport dan Smart.

Baca Juga:  Mobil-Mobil Hyundai Ikut Beraksi di Film Ant-Man and The Wasp

Hyundai mengatakan ada perbaikan pada ride and handling. Kemudi lebih responsif, upgrade suspensi, peredam yang lebih baik, serta kesenyapan kabin yang ditingkatkan lewat penggunaan material baru yang lebih menyerap bunyi.

Untuk kali pertamanya juga, Santa Fe diberikan sistem head-up display (HUD) yang memberikan beragam informasi seperti navigasi, bahan bakar, serta peringatan dari sistem keamanan aktif dan alat bantu pengemudi.

Sistem keamanan lengkap berkat Hyundai SmartSense active safety and driving assistance terkini. Ada enam airbag, Blind-Spot Collision Warning, Forward Collision-Avoidance Assist with pedestrian detection, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Rear Occupant Alert, Safety Exit Assist dan Speed Limit Info Function.

Bagaimana pendapat Anda?

RAJU FEBRIAN