Beranda Updates Honda Jazz Facelift, Versi Hybrid Lebih Gahar

Honda Jazz Facelift, Versi Hybrid Lebih Gahar

KUALA LUMPUR, 14 Mei 2017 – Honda Jazz facelift yang baru saja diperkenalkan di Jepang, Kamis lalu, kini sudah hadir di Malaysia. Versi bermesin hybrid dan bensin ini merupakan penampilan resmi perdananya di luar Jepang.

Seperti dilansir paultan.org, tampilan Jazz facelift di Malaysia ini sedikit berbeda dengan yang ahdir di Jepang. Perbedaan antara lain terlihat pada bumper dan desain velg.

Teknologi yang digunakan pada Jazz Hybrid sedikit berbeda. Mesin 1.5 liter DOHC i-VTEC Atkinson-cycle dengan Sports Hybrid Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD). Mesin ini menghasilkan tenaga 110 ps pada torsi 134 Nm. Kemudian ada motor listrik yang mengandalkan baterai lithium-ion yang diletakkan di bawah lantai kargo dengan tenaga 29.5 ps dan torsi 160. Gabungan keduanya menghasilkan tenaga akhir 137 ps. Honda menyebut kemampuan ini sama seperti yang dihasilkan oleh mesin 1.8 liter.

Jazz Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual Clutch Drive) menggunakan transmisi dual clutch 7-kecepatan, bukan lagi CVT seperti teknologi IMA pada Jazz Hybrid terdahulu. Transmisi ini tak hanya memberikan tenaga yang lebih responsif, bahkan juga memiliki pilihan mode. Kini Honda menawarkan mode EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive akan berubah secara otomoatis berdasarkan situasi berkendara.

Sementara versi mesin bensin masih menggunakan model lama, 1.5 liter i-VTEC empat silinder dengan tenaga 120 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Dipadukan dengan transmasi Earth Dream continuously variable transmission (CVT) Earth Dreams.

Fitur yang dihadirkan antara lain LED DRL dan leyless entry/push start menjadi standar. Jok dilapis kulit , kamera multi-angle, ABS/BA/VSA/HSA dan enam airbag juga tersedia.

Namun ada sedikit perbedaan pada tampilan antara Jazz facelift di Malaysia dengan Jepang. Perbedaan antara lain terlihat dari grill dan bumper depan, lip spoiler lebih panjang, air intake dibuat lebih besar, lampu kabut dan velg mendapat desain berbeda.

Rencananya, Jazz Sport Hybrid dan versi bensin facelift ini akan resmii diperkenalkan pada semester kedua. Konsumen akan menerima unit pada Agustus namun Honda Malaysia belum memberikan rincian harga.

RAJU FEBRIAN

Kolom Komentar

Last Updates

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...

Mitsubishi Sedang Persiapkan Xpander Versi Baru?

JAKARTA, 18 Januari 2018 – Persaingan di pasar kendaraan Low MPV semakin panas setelah kehadiran Toyota New Avanza yang baru...

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...